Berita Banjarbaru

Dosen & Mahasiswa Ilmu Keperawatan ULM Bentuk Bisnis HORE, Ini Penyakit 'Mematikan' yang Ditangani

Tim dosen dan mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan bentuk bisnis “HORE” home care paliatif yang inovatif berbasis social entrepreneurship.

Dosen & Mahasiswa Ilmu Keperawatan ULM Bentuk Bisnis HORE, Ini Penyakit 'Mematikan' yang Ditangani
Banjarmasinpost.co.id/Nia Kurniawan
Dosen dan Mahasiswa Ilmu Keperawatan Banjarbaru Bentuk Bisnis HORE, Berbasis Sosial Entrepreneurship 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tim dosen dan mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan bentuk bisnis “HORE” home care paliatif yang inovatif berbasis social entrepreneurship.

Adalah tim Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan yang terdiri dari Ifa Hafifah, Ns., M.Kep., Devy Rahmayanti, Ns., M.Imun., dan Noor Diani, Ns., M.Kep., Sp.Kep.MB serta mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan yaitu Widya Maulidina.

Fakultas kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mendukung dengan mendanai kegiatan ini. Pasalnya, kegiatan ini sangat menjanjikan bagi mahasiswa dan alumni PSIK FK ULM karena meningkatnya jumlah pasien dengan penyakit yang belum dapat disembuhkan baik pada dewasa dan anak seperti penyakit kanker, penyakit degeneratif, penyakit paru obstruktif kronis, cystic fibrosis,stroke, parkinson, gagal jantung, penyakit genetika dan penyakit infeksi seperti HIV/AIDS yang memerlukan perawatan paliatif, disamping kegiatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

"Penyakit-penyakit tersebut memerlukan perawatan lama jika dilakukan di rumah sakit sehingga perawatan dirumah berbasis paliatif sangat diperlukan," ucap Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan yang terdiri dari Ifa Hafifah, Ns., M.Kep kepada reporter banjarmasonpost.co.id, Rabu (15/5).

Baca: Biarkan STNK Mati 2 Tahun! Jangan Menangis Kalau Data Kendaraan Kamu Dihapus Samsat

Baca: Ada Banyak Kain Kuning di Situs Candi Laras Kabupaten Tapin, Diduga Sebagai Tempat Pemujaan

Baca: Hadiah Tak Biasa Ayu Ting Ting untuk Bayi Nikita Mirzani, Bandingkan dari Ruben Onsu

Metode pelaksanaan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) ini adalah tahap melakukan perekrutan tenant alumni yaitu dengan menyebarluaskan informasi program melalui media social. Tenant alumni pada kegiatan ini adalah Agustin Rahayu, Ns., dan Yuniar Rahmina, Ns. Serta tenant dari mahasiswa yaitu Helna Fitriana.

Kemudian tahap pelaksanaan, pada tahap ini dilakukan pemberian materi kepada tenant alumni terkait home care paliatif oleh Ifa Hafifah, Ns., M.Kep. dan materi perawatan luka oleh Yandi Suharsono, AMK., S.K.M. (CWCCA) serta program magang perawatan luka di Praktik Perawatan Luka Husaini, Ns., Jalan Ahmad Yani Km.3,00 Kota Banjarmasin.

Jika telah lulus tenant akan dibantu mengembangkan usaha sendiri terutama untuk tenant alumni. Untuk tenant mahasiswa akan diikutkan membantu tenant alumni. Pasien yang memerlukan perawatan bisa menelpon ke kantor home care (HP. 085753170130) dan tim pengusul program akan meminta tenant melakukan perawatan.

Kemudian, tahap Evaluasi. Tim melakukan monitoring dan evaluasi terkait usaha tenant dan membantu memajukan usaha tenant. Tim membuat laporan akhir kegiatan dan dikumpulkan kepada pemberi dana kegiatan yaitu Fakultas Kedokteran ULM. Tim pengabdian melakukan publikasi.

Tahap Lanjutan. Tahap lanjutan dari program ini adalah setiap tahun semakin banyak tenant yang dilatih dan tenant yang dilatih mampu membuka usaha sendiri. Tahun kedua ditargetkan 5 tenant yang akan dilatih.
Rencana tahapan berikutnya pembukaan usaha Home Care Palitif PSIK, promosi pelayanan home care paliatif kepada masyarakat, dan pada tahun berikutnya ditargetkan 5 orang tenant akan dipilih dari alumni dan mahasiswa PSIK untuk mengembangkan program kewirausahaan Home Care Program Studi Ilmu Keperawatan FK ULM.

"Program kerja yang dibuat PSIK FK ULM terkait kewirausahaan adalah membuka persepsi mahasiswa dan alumni terkait lapangan pekerjaan yang bisa dibuat perawat. Salah satunya adalah home care. Home care atau perawatan kesehatan di rumah merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved