Otomotif

Jelang Musim Mudik Motor Tak Bertenaga, Cek 4 Komponen Ini

Disaat menjelang musim mudik seperti sekarang, ada baiknya anda membenahi masalah pada motor yang anda gunakan.

Jelang Musim Mudik Motor Tak Bertenaga, Cek 4 Komponen Ini
tribun jogja
Pemudik naik sepeda motor. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Apa jadinya jika motor yang kita kendarai saat digas terasa tidak bertenaga, Kesal pastinya. Perjalanan pun menjadi lamban seperti keong.

Disaat menjelang musim mudik seperti sekarang, ada baiknya anda membenahi masalah pada motor yang anda gunakan.

Umumnya motor tak bertenaga, terkait kebocoran kompresi, bisa karena usia kendaraan atau hal lain seperti karena motor jarang servis.

Venus Adha, Head of Training Center Wahana, Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta dan Tangerang mengatakan, setidaknya ada empat penyebab jika motor tak bertenaga saat digas.

Baca: Jokowi-Maruf Tak Terkejar, Unggul di 11 Provinsi, Prabowo-Sandi 3 Provinsi

Baca: Anjuran Nabi Muhammad SAW Saat Sahur dan Bacaan Niat Puasa Ke 5 Ramadhan 1440 H

Baca: Pembuktian Syahrini Bukan OKB, Pakar Personal Branding Beberkan Kriteria Sebutan Istri Reino Barack

"Untuk motor tak bertenaga, ada beberapa penyebab, yaitu valve yang terlalu rapat, kualitas bahan bakar kurang bagus, piston atau ring pistonnya lemah dan filter udara yang kotor," kata Venus sebagaimana dilansir dari Kompas.com, Senin (13/5/2019).

Motor tak bertenaga bisa terjadi karena setingan klep kurang tepat, bisa terlalu rapat atau sebaliknya. Mengukur kerapatan klep juga tidak bisa sembarangan. Sebaiknya pilih bengkel yang memang punya kapasitas mengerjakan hal itu.

Faktor lain ring piston yang sudah lemas. Ring piston yang aus membuat bercampurnya udara dan bahan bakar selama kompresi. Ring piston yang aus juga membuat oli di piston masuk ke ruang bakar.

Kerap dianggap sepele tapi pemilihan bahan bakar berpengaruh pada performa kendaraan. Baiknya dalam memilih BBM disesuaikan dengan tingkat kompresi motor. Oktan yang tepat dapat membantu pembakaran mesin.

Baca: NEWSVIDEO : Pedagang Bubur Terjaring Razia Penegakan Perda Ramadan

Premium oktan 88 cocok untuk kompresi 7-9 : 1, Pertalite oktan 90 untuk kompresi 9-10 : 1, Pertamax oktan 92 untuk kompresi 10-11 : 1, Shell Super oktan 92 untuk kompresi 10-11 : 1, dan Shell V-Power oktan 95 untuk kompresi 11-12 : 1.

Filter udara berfungsi menyaring udara kotor tidak masuk ke karburator atau sistem injeksi. Jika udara yang masuk bersih maka pembakaran juga lebih baik. Sebaliknya, udara kotor yang masuk ke ruang bakar membuat pembakaran tidak maksimal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Motor ''Ngempos'' Tak Bertenaga, Cek 4 Komponen Ini "

(Penulis : Gilang Satria)

Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved