Berita Kotabaru

Pelabuhan di Pulau Sebuku Akhirnya Rampung, Bupati Kotabaru Ajak Masyarakat Jaga Aset Pemerintah

Pelabuhan di Pulau Sebuku Kecamatan Pulau Sebuku Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, baru saja rampung.

Pelabuhan di Pulau Sebuku Akhirnya Rampung, Bupati Kotabaru Ajak Masyarakat Jaga Aset Pemerintah
Istimewa/Humas Pemkab Kotabaru
Peninjauan Pelabuhan Sebuku untuk amgkutan Fery rute Teluk Gosong - Pulau Sebuku Kotabaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Pelabuhan di Pulau Sebuku Kecamatan Pulau Sebuku Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, baru saja rampung.

Selesainya pembangunan jembatan tersebut nantunya diperuntukkan untuk penyebrangan dari pelabuhan Teluk Gosong Kecamatan Pulau Laut Udara - Pulau Sebuku.

Sebenarnya, penggunaan pelabuhan tersebut harusnya di Januari 2019 namun karena adanya perbaikan, akhirnya ditunda dan baru selesai baru-baru ini yang ditangani Balai Pelatihan Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Kalimantan Selatan.

Selainya bangunan tersebut, Kepala BPTD Kalsel Ardono bersama Bupati Kotabaru H Sayed Jafar dan Dishub Kotabaru melakukan peninjauan langsung ke pelabuhan.

Dimana nantinya akan menghubungkan dua kecamatan menggunakan kapal Ferry yang saat ini dioperasikan di ASDP Batulicin.

Baca: Universitas Palangkaraya Makin Maju, Kini Miliki Perpustakaan Digital, Ini Kata Rektor UPR

Baca: Dihujat, Pengasuh Rafathar Kembalikan Belanjaan ke Raffi Ahmad & Nagita Slavina, Lala Ungkap Ini

Menurut Kepala BPTD Provinsi Kalimantan Selatan Ardono mengungkapkan, progresnya sudah hampir rampung. Bahkan progres pembangunan Pelabuhan Sebuku sudah mencapai 99 persen.

"Pelabuhan Pulau Sebuku ini miliki panjang dermaga sekitar 1,2 Km. Sekarang ini sudah siap untuk penyeberangan kapal ferry dengan tujuan pelabuhan pulau laut Kotabaru," katanya.

Ardono juga juga menambahka, pembangunan pelabuhan sudah sesuai ketentuan aturan yang berlaku.

Penyelesaian pekerjaan sudah diaudit oleh Inspektorat dan pendampingan dari Kejaksaan Tinggi, Tipikor, tinggal menunggu proses serah terima kepada Pemkab Kotabaru untuk menjadi aset BUMD.

Sementara itu, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, Selasa (14/5/2019) kemarin mengatakan, pelabuhan ini selesai cukup lama. Pelabuhan Pulau Sebuku dibangun pada 2013 dan akhirnya baru diselesaikan.

"Alhamdulillah pengerjaan pelabuhan pulau sebuku sudah selesai, tinggal nunggu proses serah terima hibah dari kementerian perhubungan kepada pemerintah daerah," ungkapnya.

Baca: Izin Tak Lengkap, Satpol PP Banjar Segel Bangunan Walet ini

Baca: Pedangdut Jebolan KDI 2018 asal Kotabaru ini Jadi Juri Qasidah

Menurutnya, Pelabuhan Pulau Sebuku yang mengubungkan pulau laut Kotabaru bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam hal penyeberangan. Adanya transportasi Kapal Fery bisa menekan dan menstabilkan harga sembako khususnya di Kecamatan Pulau Sebuku dan sekitarnya.

Dia berharap kepada masyarakat agar ikut bersama sama menjaga fasilitas pelabuhan yang dibangun oleh pemerintah pusat. Sebab, pelabuhan ini dibangun dengan anggaran APBN pusat yang tidak sedikit.

"Mari kita jaga bersama aset Pemerintah, petan msyarakat di sini sangat penting dan sangat diperlukan agar aset negera bisa terpelihar dengan baik, " katanya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved