Berita HSU

BPOM HSU Periksa Kandungan Makanan di Beberapa Pasar Ramadhan di HSU. Ini Hasilnya

Intensifikasi pengawasan pangan menjelang Ramadan dan hari raya Idul Fitri 2019 dilakukan Kantor BPOM Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

BPOM HSU Periksa Kandungan Makanan di Beberapa Pasar Ramadhan di HSU. Ini Hasilnya
HO/Humas Pemkab HSU
Pengecekan kandungan makanan oleh petugas BPOM HSU dari sampel makanan di sejumlah Pasar wadai Ramadhan di Amuntai, HSU. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Intensifikasi pengawasan pangan menjelang Ramadan dan hari raya Idul Fitri 2019 dilakukan Kantor BPOM Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Kegiatan yang dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan serta Disperindagkop dan UKM ini menyasar sejumlah pasar di Kabupaten HSU.

Kordinator kegiatan, Winda Intan Novalia, yang dihubungi banjarmasinpost.co.id, Kamis (16/4/2019), membenarkan ada pemeriksaan yang dilakukan di wilayah Kabupaten HSU.

Kegiatannya berupa intensifikasi pengawasan pangan dengan melakukan sampling di Pasar Ramadhan Sungai Malang.

Kemudian di Pasar Ramadhan di Amuntai, Pasar Ramadhan di Palampitan Hilir, Pasar Senin di Alabio, dan Pasar Ramadhan di Alabio.

Dari semua pasar yang didatangi, imbuhnya, ada sebanyak 70 jenis sampel yang diambil, baik dari jenis makanan maupun minuman.

Baca: THR untuk PNS di Banjarmasin Cair H-10 Lebaran, Untuk Honorer Masih Dalam Pembahasan

Untuk makanan yang dijadikan sampe diantaranya, bingka barandam, agar-agar, pisang goreng, risoles, kuah asam manis dan lainnya.

Sedangkan jenis minuman antara lain, cendol, es kopyor, sop buah, es sirsak, es campur, es kelapa muda dan lainnya.

Semua sampel diperiksa secara teliti untuk mengetahui apakah ada mengandung bahan berbahaya seperti pewarna dan pengawet.

"Hasil yang diperoleh seluruhnya tidak ada mengandung bahan berbahaya," ungkapnya.

Soalnya dari pemeriksaan tidak ada yang terdeteksi mengandung rhodamin b, methanyl yellow, formalin, dan boraks. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved