BPost Cetak

Ada Bus Gratis di Pelabuhan Tanjung Perak

ARUS mudik Lebaran 1440 Hijriah lewat Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sudah mulai terasa. Menghadapi itu PT Pelindo III melakukan berbagai persiapan

Ada Bus Gratis di Pelabuhan Tanjung Perak
BPost Cetak
Banjarmasinpost Edisi, Sabtu (18/5/2019) 

Wawancara Ekslusif

BOY ROBYANTO
CEO PT Pelindo III Regional Kalimantan

ARUS mudik Lebaran 1440 Hijriah lewat Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sudah mulai terasa. Menghadapi itu PT Pelindo III Regional Kalimantan melakukan berbagai persiapan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada pemudik. Apa saja yang dipersiapkan? Berikut wawancara BPost dengan CEO PT Pelindo III Regional Kalimantan, yang membawahi Kalsel dan Kalteng, Boy Robyanto.

Kapan puncak arus mudik?
Sesuai pengalaman, sekitar tanggal 26 Mei akan terjadi kenaikan jumlah penumpang. Namun jauh-jauh hari, sekitar seminggu sebelum Ramadan, sudah ada warga yang melakukan mudik dengan menggunakan jasa kapal laut. Namun jumlahnya hanya ratusan orang.

Kira-kira berapa jumlah total pemudik tahun ini?
Jumlahnya mencapai sekitar 1.500 penumpang. Namun bisa meningkat tajam.

Apakah ada peningkatan dari tahun sebelumnya?
Memang untuk tahun ini terjadi peningkatan, yakni sekitar 13 persen, bahkan bisa lebih.

Untuk itu kami menyiapkan sembilan buah kapal dari tiga pelayaran yang ada di Banjarmasin. Bahkan satu pelayaran ada yang menyediakan tiga buah kapal, seperti dari dari Pelayaran PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin, PT Berlian Lautan Sejahtera dan PT Mutiara Perindo Indonesia.

Apakah ini terkait dengan mahalnya harga tiket pesawat?
Memang benar. Jauh-jauh hari kami sudah memprediksi bahwa tahun ini jumlah penumpang kapal laut menjelang Idulfitri (arus mudik) akan mengalami peningkatan.

Bagaimana mengatasi membeludaknya penumpang?
Kami membagi ruang-ruang tunggu. Selain sudah ada dua titik ruang tunggu, yang disebutkan tadi, juga ada tiga titik ruang lesehan untuk rebahan para penumpang. Lesehan ini disediakan untuk anak-anak dan para orangtua yang mau berbaring, sambil menunggu jam keberangkatan kapal. Dari tiga titik itu masing-masing berukuran 8 x 10 meter persegi.

Adakah tenaga ekstra yang diturunkan?
Memang ada. Pelindo III Regional Kalimantan sudah menyiapkan petugasnya, dengan meminta bantuan puluhan anggota Lanal Banjarmasin, ditambah dengan puluhan anggota Polsek KPL Banjarmasin dan puluhan anggota KSOP Banjarmasin. Jadi setiap kedatangan dan keberangkatan kapal, semua petugas yang diterjunkan sudah standby, dan jumlah mereka ada 60 orang. Jumlah ini belum termasuk puluhan anggota gabungan yang berjaga di pos pintu masuk Pelabuhan Penumpang Bandarmasih.

Fasilitas apa disediakan terkait arus mudik?
Kami menambah dua titik toilet portable, yang disediakan di dekat dermaga atau di luar ruang tunggu Terminal Pelabuhan Bandarmasih. Kami juga sudah merehab toilet-toilet yang ada di dalam ruangan tunggu lesehan. Kebetulan ruang tunggu Pelabuhan Penumpang Bandarmasih mampu menampung sekitar 456 orang, di dalam. Jumlah ini ditambah 430 orang yang ada di ruang tunggu (di luar pelabuhan). Kami pun menyiapkan ratusan tempat duduk atau kursi.

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved