Ahli Gizi Ungkap Khasiat Minum Rendaman Air Kurma dan Daging Buahnya

Dewasa ini, air mineral yang ditambahkan potongan buah atau yang popular disebut infused water merupakan tren baru di kalangan masyarakat.

Ahli Gizi Ungkap Khasiat Minum Rendaman Air Kurma dan Daging Buahnya
Rissa Saputri 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dewasa ini, air mineral yang ditambahkan potongan buah atau yang popular disebut infused water merupakan tren baru di kalangan masyarakat.

Namun bagi umat Islam, air infus bukanlah hal yang baru.

Di masanya, Rasulullah SAW sangat menyukai air rendaman kurma yang disebut air naqi, terkenal pula dengan sebutan air nabeez.

Rissa Saputri SGz, Ahli Gizi RSUD dr H Moch Ansari Saleh, menjelaskan, cara membuat air naqi adalah dengan merendam beberapa butir kurma yang sudah dibuang bijinya, dengan air mineral di dalam wadah tertutup selama kurang lebih 12 jam.

Mengapa kita sebaiknya menyebut air rendaman kurma sebagai air naqi? Rasulullah tidak menganjurkan umat Islam untuk mengkonsumsi air nabeez yang telah mengalami fermentasi karena akan menjadi anggur dan memiliki efek memabukkan.

Baca: Berkali-kali Lakukan Laser Wajah, Hanya Satu yang Diingiankan Andika, Pacarnya Jangan Pergi!

Baca: Didiagnosa Kena Penyakit Mematikan, Hotman Paris Langsung Panggil Anak-anak, Bagi-bagi Warisan?

Baca: Perut Buncit Ammar Zoni Jadi Sorotan Ayah Irish Bella, Johan de Beule Hingga Lakukan Ini

Baca: Ekspresi Tak Biasa Luna Maya Saat Tahu Akan Dipertemukan dengan Ariel NOAH di Pesbuker ANTV

Dijelaskan Rissa, berdasarkan penelitian Indrayani, dkk (2018) yang berjudul “How do Muslims consume dates?” menjelaskan bahwa istilah Nabeez lebih sering digunakan untuk menyebut air buah yang telah difermentasi dan memiliki efek memabukkan, sedangkan istilah Naqi lebih sering digunakan untuk menyebut air rendaman kurma yang belum difermentasi.

Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun“.

Mengkonsumsi air Naqi disertai niat menghidupkan Sunnah Rasulullah SAW sangat dianjurkan bagi umat muslim, terutama di bulan Ramadhan untuk mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlipatganda.

Pada dasarnya, air Naqi memiliki kandungan dan manfaat yang sama dengan kurma.

Perbedaan hanya terletak dari cara mengambil manfaatnya saja.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved