Ramadhan 2019

Iming-imingi Hadiah, Cara Keluarga Ini Ajarkan Puasa kepada Sang Anak

Seperti yang dilakukan Naily Maghfiroh, Ibu muda satu anak ini mencoba mengajarkan putranya, Daniel Ahmad Hidayat untuk berpuasa.

Iming-imingi Hadiah, Cara Keluarga Ini Ajarkan Puasa kepada Sang Anak
istimewa
Keluarga Naily Maghfiroh 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ibadah puasa terbilang istimewa, sebab pelaksanaannya khusus di bulan Ramadan dan berlangsung sebulan penuh. Ibadah ini bersifat wajib bagi seluruh umat Islam.

Sebelum berpuasa, umumnya umat harus mengetahui syarat sahnya berpuasa. Kemudian menjadi penting adalah praktek puasa yang dilakukan sejak dini.

Seperti yang dilakukan Naily Maghfiroh, Ibu muda satu anak ini mencoba mengajarkan putranya, Daniel Ahmad Hidayat untuk berpuasa.

"Pertama memberikan gambaran pahala bagi orang yang berpuasa dan dosa bagi yang tidak berpuasa. Jurus kami adalah menjanjikan atau mengimingi anak mendapatkan hadiah ketika berpuasa sebulan penuh," jelasnya.

Dia juga menceritakan keutamaan orang yang berpuasa. Saat si anak meminta untuk batal, dia mencoba mengalihkan perhatian dengan mengajak bermain dan.mencoba mengingatkan kembali reward yang akan didapatkan.

"Daniel mulai berpuasa usia 6 tahun atau tahun 1440 H. Ini tahun pertama dia berpuasa, dan langsung puasa satu hari penuh. Alhamdulillah dari hari pertama puasa sampai sekarang belum ada bolong," ungka Naily.

Baca: Ustadz Syahid Mahmud: Manfaatkanlah 3 Saudara di Bulan Ramadan

Ditambahkannya, selain puasa, Daniel diajarkan salat sunnat tarawih dan diajar membaca Alquran meskipun saat ini masih di jilid Tilawati 2.

Pentingnya pengawasan dari orangtua kepada anak-anak khususnya yang sudah baligh agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang bebas dan menyimpang.

Hal ini dilakukan warga Banjarmasin, Norhayati kepada tiga anaknya. Masing-masing kini telah menginjak usia 20 tahun, 16 tahun, dan 9 tahun.

Diakui Ibu yang disapa Ati, Ilmu Agama terus ditanamkannya kepada anak-anak, tidak terkecuali ibadah berpuasa.

Halaman
12
Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved