Berita Tanahlaut

44 Pelajar Tanahlaut Ikuti Try Out Masuk STAN yang Diadakan KPPN Pelaihari

KPPN Pelaihari bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanahlaut menggelar try out SPMB PKN STAN untuk lulusan SLTA sederajat

44 Pelajar Tanahlaut Ikuti Try Out Masuk STAN yang Diadakan KPPN Pelaihari
Istimewa/KPPN Pelaihari
Try out SPMB PKN STAN di Pelaihari Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Jelang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN PKN STAN, KPPN Pelaihari bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanahlaut menggelar try out SPMB PKN STAN untuk lulusan SLTA sederajat di Kabupaten Tanahlaut Kalimantan Selatan.

Sekitar 44 pelajar dari lulusan SMA, SMK dan MA di Tanahlaut turut hadir dalam kegiatan yang diadakan di Aula Lantai 2 Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanahlaut Sabtu (18/5/2019).

Dalam try out, para peserta diberikan jenis soal yang sama dengan tes tertulis ujian masuk PKN STAN nanti antara lain,  Seleksi Kompetensi Dasar yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum dan Tes Karakteristik Pribadi. Selain juga ada Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris.

Tata tertib dan tata cara selama try out berlangsung juga diupayakan serupa dengan saat ujian tertulis PKN STAN nantinya. Dengan demikian para peserta mendptkan gambaran lebih jelas suasana saat ujian nantinya.

Baca: Terjaring Operasi Pekat di Tanjung Selor, Pasangan Bukan Suami-Istri Ini Mengaku Kakak Adik

Usai pengerjaan soal, lembar jawaban juga langsung dikoreksi oleh panitia dan lima peserta dengan nilai tertinggi sudah langsung bisa diketahui dan diberikan bingkisan menarik dari panitia.

Kepala KPPN Pelaihari Woro Triwening Renggani kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (19/5/2019) Politeknik Keuangan Negeri Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan RI yang menyelenggarakan berbagai program studi untuk lulusan SMA, SMK dan Madrasah Aliyah.

Alumni atau lulusan setingkat SMA dari Kabupaten Tanahlaut yang melanjutkan ke  jenjang pendidikan di PKN STAN masih sedikit. Kemungkinan dikarenakan kurangnya informasi dan gambaran soal ujian masuk.

Padahal menurut Woro animo dan minat dari pendidik, orangtua dan siswa terhadap PKN STAN cukup baik, terlebih mahasiswa PKN STAN sudah mendapatkan kepastian langsung bekerja setelah lulus nanti.

"Karenanya kami dari KPPN Pelaihari sebagai unit kantor vertikal Kementerian Keuangan, ingin berkontribusi dalam bidang pendidikan di Kabupaten Tanahlaut dengan menyelenggarakan kegiatan try out SPMB PKN STAN kepada siswa siswi setingkat SLTA di sini," jelasnya.

Dengan adanya try out KPPN Pelaihari berharap dapat berperan langsung membantu memfamiliarisasikan soal-soal ujian masuk PKN STAN.

Baca: 2 Doa Berbuka Puasa Ramadhan, Ini 5 Amalan Sunnah Saat Buka Puasa Cocok untuk Ramadhan 1440 H

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved