Berita Kabupaten Banjar

Desa Gambut Diminta Anggarkan Jamban Sehat, Masukkan Dalam Anggaran APBDes 2020

Guna mewujudkan Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah, desa-desa di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar agar membangun jamban sehat.

Desa Gambut Diminta Anggarkan Jamban Sehat, Masukkan Dalam Anggaran APBDes 2020
HO/Dinas Kominfo Banjar
Lokakarya terkait pembangunan jamban sehat di desa-desa Kecamatan Gambut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -- Guna mewujudkan Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah, desa-desa di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar agar membangun jamban sehat. Salah satu caranya, dengan memasukan dalam anggaran pembangunan jamban sehat pada APBDes di 2020.

Kepala UPT Puskesmas Gambut, Sugeng Riyadi mengatakan, perlunya jamban sehati di desa-desa yang ada di Gambut. Perlu adanya sinergitas antar instansi pemerintah termasuk pemerintah desa agar bisa menumbuhkan sikap dan kesadaran masyarakat melakukan pola hidup bersih dan sehat yang baik.

Diungkapkannya saat menghadiri Lokakarya Mini Lintas Sektor yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Gambut beberapa hari lalu. Sugeng Riyadi juga mengatakan, pembangunan jamban sehat ini bisa bersinergi dengan Danramil 1006-08 Gambut dan para kepala desa atau pambakalan agar bisa mengganggarkan dalam dana desanya masing-masing.

"Pembangunan jamban sehat di desa-desa sangat menunjang masyarakat dalam menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," katanya.

Baca: Giliran Safari Ramadan di Masjid Nurul Hidayah Aluhaluh Besar, Ini Yang Disampaikan Guru Khalil

Dia juga mengatakan, Puskesmas Gambut ada Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Program ini memberikan pemicu, motivasi, percontohan kepada masyarakat. Pambakal diharapkan bisa memfasilitasi kegiatan ini dengan penganggaran untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Lokakarya Mini Lintas Sektoral yang digelar di Kecamatan Gambut dilaksanakan pertiga bulan sekali, dengan melibatkan unsur-unsur forum kerjasama kecamatan, puskesmas, serta para pembakal. Dalam Lokakarya tersebut dipimpin Camat Gambut, Ahmad Fauzan, Sekcam Gambut, H Sirajuddin Ali, juga hadir Danramil 1006-08 Gambut Cpl. Kapten Bagus Rijatmo, Kanit Binmas Polsek Gambut, Khairullah, Staf dan Karyawan Kecamatan, Kepala KUA Saubari, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Banjar Gunarti, bidan dan petugas kesehatan, Lurah dan Pambakal serta peserta, perangkat desa se Kecamatan Gambut.

Camat Gambut, Akhmad Fauzan mendukung pembangunan jamban sehat tersebut. Menurutnya, merupakan salah satu wujud program dan dukungan pemerintah kabupaten Banjar untuk membantu masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat dan merubah pola lama dimana kebiasaan masyarakat yang masih menggunakan jamban diatas bantaran sungai atau jamban apung.

Baca: SEBENTAR LAGI! Jadwal Waktu Berbuka Puasa 14 Ramadhan, Minggu 19 Mei 2019 Jakarta dan Kota lainnya

Selain itu pembangunan jamban sehat juga merupakan upaya untuk mensukseskan program penghapusan jamban terapung yang target 2016-2020 adalah seribu buah. Dalam rangka mensukseskan program tersebut, maka peran dan sinergi lintas sektor mulai dari kecamatan, puskesmas, Polsek dan Koramil, KUA, para guru dan para Pambakal menjadi sangat penting.

"Kedepan akan kami upayakan agar bukan hanya peran dan kerjasama lintas sektor yang ada di kecamatan tetapi kami akan mengupayakan mendorong pihak swasta untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan terlaksananya program program pemerintah yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat yang salah satunya adalah penyediaan jamban sehat," katanya, Minggu (19/5). (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved