Berita Tabalong

DLH Tabalong Kesulitan Cari Lahan untuk Bangun TPS, Warga Buang Sampah di Media Jalan

Median jalan yang terbuat dari beton dan lebih tibggi dari badan jalan ini dimanfaatkan untuk menumpuk sampah yang telah dimasukkan dalam plastik

DLH Tabalong Kesulitan Cari Lahan untuk Bangun TPS, Warga Buang Sampah di Media Jalan
Banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Tumpukan sampah di median Jalan PHM Noor menuju Kelurahan Mabuun, sengaja diletakkan warga saat pagi hari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Saat melintasi jalan PHM Noor menuju Kelurahan Mabuun pada pagi hari akan ada pemandangan yang tak biasa. Yaitu adanya tumpukan sampah yang sengaja diletakkan oleh oknum warga diatas median jalan.

Median jalan yang terbuat dari beton dan lebih tibggi dari badan jalan ini dimanfaatkan untuk menumpuk sampah yang telah dimasukkan dalam plastik. Jumlahnya pun cukup banyak hingga merusak pemandangan.

Eli salah satu warga sekitar mengatakan sebagian besar yang meletakkan sampah di median jalan tersebut justru bukan warga sekitar. Karena di depan rumah masing masing sudah terdapat tempat sampah.

"Malah dari warga lain yang meletakkan dampah di situ, biasanya membawa sampah disepeda motor dan meletakkan sampah kemudian kembali melanjutkan perjalanan," ujarnya.

Baca: Dukung Gerakan Revolusi Hijau, KRPH Kinarum Serahkan 3.000 Bibit Tanaman Buah-buahan

Kondisi ini sudah seperti biasa dilihatnya, meskipun diakuinya memang sangat mengganggu keindahan dan kenyamanan namun tidak ada pilihan lain lagi baginya dan warga sekitar.

"Kalau lewat ya pasti bau namanya juga sampah, dan jelek juga dilihat apalagi dijalan utama," ujanrnya.

Eli menambahkan jika ada orang yang meletakkan sampah setelah armada pengambilan sampah mengambil sampah bisa diteriaki oleh warga sekitar. Karena sampah akan bertahan dijalan hingga esok hari.

Sampah yang ada dijalan biasa juga menjadi incaran binatang baik anjing ataupun kucing yang menyebabkan sampah semakin terlihat berantakan dan menjijikkan.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rowi Rawatianice mengatakan untuk menampung sampah rumah tangga milik warga tersediabTempat Pembuangan Sampah (TPS). Dan untuk tahun 2019 akan ada pembangunan kembali TPS yang dibangjn di sekitar Kelurahan Mabuun.

Baca: Mesjib Berkubah Waluh di Banjarmasin ini Unik dan Tiada Duanya, Bermula Berdiri Dari Wakaf Warga

Menyinggung mengenai sampah yang menumpuk di median jalan PHM Noor pada pagi hari diakuinya saat ini pihaknya masih mencari lahan untuk mrmbangun TPS disekitar area tersebut.

"Kami kesulitan lahan, padahal jika ada warga yang ingin merelakan lahan untuk pembangunan TPS kami akan sangat senang," ujarnya.

Rowi mengharapkan warga bisa membuang sampah ke TPS sesuai dengan aturannya yaitu pada pukul 18.00 hingga pukul 06.00 wita. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved