Berita Kabupaten Banjar

Rumah Ludes Terbakar di Martapura, Siti Khadijah dan Empat Anaknya Mulai dari Nol Lagi

egar, itulah yang pantas disematkan untuk Siti Khadijah (42), rumahnya di Gang Penawar Jalan Cempaka Martapura hangus terbakar, Minggu.

Rumah Ludes Terbakar di Martapura, Siti Khadijah dan Empat Anaknya Mulai dari Nol Lagi
Banjarmasinpost.co.id/hasby
Kebakaran di Gang Penawar Jalan Cempaka Martapura 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -- Tegar, itulah yang pantas disematkan untuk Siti Khadijah (42), rumahnya di Gang Penawar Jalan Cempaka Martapura hangus terbakar, Minggu (19/5) pukul 14.00 wita.

Sembari menggendong salah seorang anaknya yang masih berumur lima tahun, ibu empat anak itu sesekali melempar senyum kepada warga yang menyemangatinya.

Saat kebakaran terjadi, dirinya sedang berjualan di pasar, sedangkan keempat anak-anaknya sedang dalam rumah. Bersyukur, keempat anaknya berhasil menyelamatkan diri, walau salah seorang anaknya, Akyunul Husna (5) sempat terjebak dalam rumah dan ditolong oleh petugas pemadam kebakaran.

"Habis tidak ada yang tersisa, kembali mulai nol lagi," ucapnya.

Meski demikian, dirinya sangatlah bersyukur anak-anaknya selamat dari bahaya kebakaran tersebut. Yakni Nita Indriyani 921), Riska Amalia (14), M Farhan (5) dan Akyunul Husna (3).

Baca: Desa Gambut Diminta Anggarkan Jamban Sehat, Masukkan Dalam Anggaran APBDes 2020

"Mereka sedang tidur, tiba-tiba api langsung membesar dari bagian dalam gudang rumah. Saat api besar, anak-anak saya langsung lari keluar rumah, namun M Farhan setelah keluar rumah berteriak-teriak adiknya masih ada di dalam," jelasnya.

Begitu mengetahui ada seorang anak dalam rumah, petugas pemadam kebakaran langsung berupaya menyelamatkan Akyunul Husna (3). Petugas lainnya melarang M Farhan ikut masuk ke dalam rumah yang terus berteriak adiknya masih dalam rumah.

Menurut Siti Khadijah, hingga api padam suaminya Akhmad (45) belum mengetahui kalau rumahnya terbakar, saat kejadian Akhmad juga sedang bekerja. Kini dirinya sekeluarga terpaksa menginap di rumah saudaranya yang masih di Gang Penawar Martapura.

Petugas UPT Damkar Kabupaten Banjar saat memadamkan kebakaran di Gang Penawar Jalan Cempaka Martapura
Petugas UPT Damkar Kabupaten Banjar saat memadamkan kebakaran di Gang Penawar Jalan Cempaka Martapura (Banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili)

Api tidak hanya menghanguskan rumah Siti Khadijah, tetapi juga lima buah rumah lainnya masing-masing rumah Ridwan, Hj Yati, Rusdi, dan Amar. dan Masdar. Total ada enam rumah yang terbakar, rusak berat rumah Siti Khadijah dan Amar, sedangkan lainnya rusak ringan.

Baca: Terjaring Operasi Pekat di Tanjung Selor, Pasangan Bukan Suami-Istri Ini Mengaku Kakak Adik

Seorang petugas UPT Damkar Kabupaten Banjar, Rizki mengatakan, bersyukur pihaknya bersama petugas pemadam kebakaran lainnya tidak ada kendala dalam memadamkan api di Gang Penawar tersebut, walau padat penduduk dan akses jalan sempit. Berkat kerjasama antar pemadam dan warga, api berhasil cepat dikuasai.

"Total ada enam rumah, belum bisa diperkirakan total nilai kerugiannya. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved