Menengok Teknolog Tepat Guna di Kalsel

Alat Penetas Telur Full Otomatis Buatan Pemuda HSS Jadi Juara Empat, Ini Keunggulannya

Kontrol terhadap kualitas telur lebih mudah dilakukan. Risiko kontaminasi bakteri dan penyakit relatif lebih kecil karena telur disimpan di ruangan.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Elpianur Achmad
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Muliadir Rahman dan Parindra Ramadhan Putra, asal Hulu Sungai Selatan meraih juara harapan dengan dengan alat tepat guna penetas telur full otomatis buatan mereka. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Dalam usaha peternakan, salah satu faktor penghambat lambatnya produksi telur akibat peternak masih menggunakan metode konvensional dalam menetaskan telur.

Padahal faktanya, penggunaan mesin tetas memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan penetasan telur secara alami.

Misalnya, ruang mesin tetas lebih luas sehingga dapat menampung lebih banyak telur daripada metode pengeraman induk secara alami.

Nah, guna menyiasati itu, dua pemuda ini yakni Muliadir Rahman dan Parindra Ramadhan Putra, asal Hulu Sungai Selatan membuat alat tepat guna penetas telur full otomatis.

Menurut Muliadir Rahman ada  berbagai keuntungan penetasan telur menggunakan mesin tetas dibandingkan dengan penetasan alami.

Baca: Pakai Mesin Iris Buatan Warga Tabalong, Satu Kilogram Tempe Hanya Perlu Waktu Dua Menit

Baca: Keren, Tiga Jam Mesin Bantu Pencetak MediaTanam Hortikultura ini Bisa Cetak 3.780 Polibag

Persentase keberhasilan telur yang menetas lebih besar dibandingkan dengan pengeraman alami.

Melalui proses pengeraman alami, telur yang menetas hanya 50—60%. Sementara itu, penetasan melalui bantuan mesin tetas dapat meningkatkan hingga 80%.

Penetasan telur dapat dilakukan terus-menerus tanpa dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Pasalnya, mesin tetas biasanya ditempatkan di dalam ruangan dan seluruh komponen pendukungnya terkontrol.

"Selain itu Tingkat hidup anakan hasil penetasan melalui mesin tetas lebih tinggi dibandingkan dengan penetasan alami. Pasalnya, perubahan suhu dari dalam telur ke lingkungan tidak terlalu ekstrim. Berbeda halnya anakan hasil penetasan alami harus lebih menyesuaikan suhu setelah menetas, " urainya.

Kontrol terhadap kualitas telur lebih mudah dilakukan. Selain itu, risiko kontaminasi bakteri dan penyakit relatif lebih kecil karena telur disimpan di dalam ruangan.

Baca: WC Gentong Yang Santun, Juara II di Lomba TeknologI Tepat Guna, Tingkatkan Sanitasi di Daerah Rawa

Baca: Pejaga Sekolah Batola Ini Ciptakan Mesin Tanam Padi Murah dan Efisien, 1 Hektare Cuma 10 Jam

Dielsebutkannya Penggunaan mesin tetas untuk membantu penetasan telur terbukti menguntungkan sehingga mampu meningkatkan pendapatan peternak. Karena itu, banyak para peternak beralih menggunakan mesin tetas sebagai alat untuk menetaskan telur. (banjarmasinpost.co.id /lis)

Berikut Keungulan Alat.

Keungulan alat tetas telur otomatis :

  • Tingkat keberhasilan tinggi. Dengan mengikuti tata cara yang benar, keberhasilan telur yang menetas bisa di atas 90 %. Dengan cara tradisional biasanya dibawah 50 %
  • Lebih Praktis. Menggunakan sistim rak putar. Dilengkapi dengan handle pemutar egg tray, sehingga Anda bisa memutar telur dengan sekali putaran tanpa menyentuh telur. Bandingkan dengan cara tradisional dengan menggunakan tangan satu per satu
  • Hemat Energi. Hanya menggunakan listrik dengan daya rendah
  • Model menarik. Desain mesin tetas telur mewah dan menarik
  • Kontrol suhu otomatis. menggunakan thermostat.
  • Harga terjangkau. Dengan mesin dan segala fasilitasnya, mesin penetas telur ini harganya tergolong  murah.
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved