Berita Tanahlaut

Bupati H Sukamta  Canangkan Alih Fungsi Lahan Eks Tambang untuk Peternakan Sapi

Pemkab Tanahlaut pun mencanangkan alih fungsi lahan pasca tambang di Tanahlaut menjadi lahan peternakan sapi.

Bupati H Sukamta  Canangkan Alih Fungsi Lahan Eks Tambang untuk Peternakan Sapi
Juadi untuk banjarmasinpost.co.id
PERSALINAN - Juadi mengelap tubuh anak sapi yang baru saja lahir di tempat peternakan sapi Pelaihari, Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.I, PELAIHARI - Pemerintah Kabupaten Tanahlaut terus mengejar untuk menjadikan Kabupaten Tanahlaut menjadi daerah potensial peternakan di Kalsel. Terlebih Pelaihari dikenal dengan daerah penghasil sapi dan memiliki pasar ternak terbesar di Kalsel.

Oleh karenanya Pemkab Tanahlaut pun mencanangkan alih fungsi lahan pasca tambang di Tanahlaut menjadi lahan peternakan sapi.

Bupati H Sukamta mengatakan akan menjadikan 150 hektare lahan pasca tambang di Tanahlaut untuk dijadikan lahan peternakan sapi.

Terlebih Tanahlaut ditargetkan bisa memenuhi 17 ribu sapi betina wajib bunting. Lahan pasca tambang yang telah direklamasi akan dibangunkan kandang sapi dan akan dipelihara oleh masyarakat.

Baca: Dikenal Masjid Ungu, Begini Penampakan Masjid Al Khair di Jalan Soetoyo S Banjarmasin

Baca: Lelang Jabatan di Pemkab Tapin Tuntas, Bupati Tapin HM Arifin Arpan Lantik Pejabat Terpilih

Baca: Selain Ashanty, Perempuan Berhijab Ini Disebut Mirip Keponakan Istri Anang Hermansyah, Millen Cyrus

Lahan pasca tambang sendiri kini sudah disiapkan oleh PT Arutmin. Saat ini tambah Sukamta PT Arutmin sudah menanam tanaman untuk pakan ternak.

"Uji cobanya dengan PT Arutmin ini," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Senin (20/5/2019).

Tak hanya PT Arutmin, PT Jorong Barutama Greston yang berlokasi di Kecamatan Jorong juga menjadi target lanjutan lahan pasca tambang menjadi lahan peternakan sapi.

Kedepannya PT JBG terangnya bisa terus mendukung proses pembangunan di Bumi Tuntung Pandang. Ia pun berharap nantinya untuk lahan yang sudah direklamasi tidak hanya ditanami pohon saja, namun juga bisa dibuatkan kandang sapi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Saya berharap setelah nantinya pasca tambang JBG rakyat Tala bisa meningkatkan ekonominya melalui peternakan sapi dan masyarakat terjun langsung berpartisipasi mengelola ternak sapi tersebut," ujarnya.

Pemanfaatan lahan pasca tambang dijadikan lahan peternakan terangnya agar tak ada lahan terbengkalai setelah ditambang. Dengan itu ujarnya anggapan lahan pasca tambang tak bisa digunakan bisa ditepis.

Halaman
12
Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved