Ramadhan 1440 H

Dikenal Masjid Ungu, Begini Penampakan Masjid Al Khair di Jalan Soetoyo S Banjarmasin

Didominasi warna ungu. Makanya masjid ini juga dikenal dengan sebutan masjid ungu daripada nama aslinya Masjid Al Khair.

Dikenal Masjid Ungu, Begini Penampakan Masjid Al Khair di Jalan Soetoyo S Banjarmasin
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Masjid Al Khair di Jalan Soetoyo S Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Selain cukup strategis karena berada di pinggir jalan raya, keberadaan masjid ini juga didominasi warnanya yang beda dari yang lain, ungu. Makanya masjid ini juga dikenal dengan sebutan masjid ungu daripada nama aslinya Masjid Al Khair.

Berlokasi di Jl Seotoyo S, Banjarmasin, Masjid Al Khair baru sekitar lima tahun terakhir bertransformasi dari bentuk awal yang konstruksinya kayu menjadi beton.

H Amrullah, Bendahara Ta'mir Ramadhan, menjelaskan, masjid ini awalnya berupa langgar atau mushola yang dibangun di atas tanah wakaf warga, (alm) Sani dan (alm) Hanafi.

"Karena perkembangan jumlah jamaah membuat langgar Al Khair diperbesar menjadi masjid," terangnya.

Seiring waktu berjalan, pada 2014 diadakan perombakan total masjid berikut perluasan bangunan dari seorang dermawan.

Baca: Iki Bicara, Polisi Amankan 13 Paket Sabu dari Amang Joy 

Baca: Head to Head & Jadwal Siaran Langsung Final Liga Champions Live di RCTI - Liverpool vs Tottenham

Baca: Giliran Habib Ahmad Bahasyim Penuhi Panggilan Bawaslu Kalsel

"Perombakan didanai oleh donatur, berikut desain barunya. Sampai pada proses pengecatan, dirundingkan apa warna yang cocok? Akhirnya terpilih warna masjid ini ungu," jelasnya.

Sebelumnya menjelang Ramadhan, telah diadakan kegiatan bersih-bersih masjid bersama Danramil Banjarmasin yang juga memberi sumbangan sembako untuk buka puasa.

Selama Ramadhan ini, Masjid Al Khair mengadakan buka puasa bersama dengan menu bubur dan nasi yang diselang-seling per tiga hari.

Disediakan 150 porsi per harinya. Dengan tempat berbuka puasa di lantai dua. Jamaah berbuka ini selain warga sekitar juga para pengguna jalan yang mampir.

Ceramah subuh juga digelar selama Ramadhan dengan penceramah antara lain Prof Dr Fahmi Arif, Guru Sayuti, Ketua masjid Guru Muhlidi Sulaiman, Wakil Ketua Muliadi.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved