Berita HSU

DPMD HSU Luncurkan Layanan Kedai Kopi Desa, Ternyata Ini Tujuannya

Inovasi program pelayanan dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

DPMD HSU Luncurkan Layanan Kedai Kopi Desa, Ternyata Ini Tujuannya
DPMD HSU
Inovasi program pelayanan dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Inovasi program pelayanan dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Menyasar pemerintahan desa dibuatlah layanan pembinaan yang diberinama Kedai Kopi Desa atau Klinik Edukasi, Asistensi, Konsultasi, dan Pusat Informasi Desa.

Layanan Kedai Kopi Desa ini satu upaya yang dijalankan untuk bisa mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik atau good governance).

Kabid Pemdes DPMD HSU, Rijali Hadi, Senin (20/5/2019), menyampaikan program layanan Kedai Kopi Desa ini telah diluncurkan secara resmi pada 7 Mei 2019 tadi.

Untuk pelayanan yang diberikan saat ini berupa pelayanan di tempat dengan lokasi berada di kantor DPMD Kabupaten HSU.

Baca: Terkait Pemecatan Pegawai Kontrak, Ombudsman RI Bakal Lakukan Ini, Bu Nunung: Sudah Sesuai Prosedur

Baca: Tarif Manggung Krisdayanti Terungkap, Penyebab Ibu Aurel Hermansyah Tetap Nyanyi Meski Lolos DPR?

Baca: Faktor Keraguan Reino Barack pada Syahrini Terungkap, Gaya Hidup Incess Jadi Perhatiannya

"Sementara layanan hanya ditempat pak, nantinya kedepan kalau sudah memungkinkan akan dilaksanakan layanan kunjungan ke kecamatan-kecamatan," katanya.

Sedangkan jadwal pelayanan untuk sementara dibuka setiap Selasa, Rabu dan Kamis, dengan jam operasional dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 12.00 siang.

Layanan Kedai Kopi Desa ini sangat penting untuk dilaksanakan mengingat pemerintahan desa merupakan ujung tombak pemerintahan yang langsung berhadapan dengan masyarakat, sehingga pengetahuan, kemampuan,dan keterampilan yang baik menjadi hal utama yang harus dimiliki oleh penyelenggara pemerintahan desa.

Program ini memberikan layanan edukasi, asistensi, konsultasi, dan informasi kepada para aparat desa, aparat kecamatan, maupun masyarakat umum.

"D3ngan adanya layanan ini diharapkan akan dapat meningkatkan pemahaman aparat desa terhadap regulasi terkait tata kelola pemerintahan desa,sehingga resiko pelanggaran karena ketidaktahuan dapat diminimalisir," kata
Rijali Hadi yang jugaKetua tim layanan Kedai Kopi Desa.

Kedepan DPMD HSU akan terus berupaya meningkatkan kualitas Iayanan tersebut dengan melengkapi sarana dan prasarana penunjang serta bekerjasama dengan tenaga ahli P3MD Kabupaten HSU selaku narasumber pendamping. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved