MotoGP

Hasil MotoGP Prancis 2019, Gagal Raih Podium, Rossi Keluhkan Yamaha M1 2019 Loyo di Trek Lurus

Valentino Rossi tidak puas dengan raihan di GP Le Mans 2019. Meski dengan segala pembaruan di Yamaha M1 2019, masih tak sekencang kompetitor.

Hasil MotoGP Prancis 2019, Gagal Raih Podium, Rossi Keluhkan Yamaha M1 2019 Loyo di Trek Lurus
BOLASPORT.COM
Valentino Rossi membicarakan soal perkembangan kejuaraan MotoGP di masa depan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, LE MANS - Marc Marquez keluar sebagai juara MotoGP Prancis 2019, disusul Andrea Dovizioso dan Petrucci. Valentino Rossi gagal podium hanya menempati posisi kelima balapan.

Dilansir dari Kompas.com, Valentino Rossi tidak puas dengan raihan di GP Le Mans 2019. Meski dengan segala pembaruan di Yamaha M1 2019, Rossi mengatakan, motornya kini memiliki satu masalah lagi, yaitu tak sekencang kompetitor.

Juara Dunia 9 kali itu mengatakan, M1 2019 sudah mengalami peningkatan dibanding musim lalu. Tapi peningkatan ini tak cukup, sebab lawan juga berkembang dan di beberapa sisi justru mengalami peningkatan pada tenaga mesin.

"Balapan yang sulit. Saya beruntung start dari posisi depan dan mulai start tidak terlalu buruk. Saya sudah coba semaksimal mungkin. Tapi tetap tidak cukup cepat. Saya kehilangan waktu di trek lurus dan saat akselerasi di tikungan tajam," kata Rossi melansir Crash.net.

Baca: Hasil MotoGP Prancis 2019, Marc Marquez Juara, Valentino Rossi di Posisi Ini di Seri 5 MotoGP 2019

Rossi mengatakan, sudah mencoba untuk bisa menempel Ducati di posisi keempat tapi motornya ''tidak lari.'' Dia juga sudah melakukan slipstream dan berjuang untuk berdiri di podium setidaknya posisi ketiga.

"Kami berhasil meningkatkan umur ban. Motornya enak dikendarai, saat pengereman juga. Tapi sepertinya yang lain membuat peningkatan, terutama Honda, dan sekarang perbedaannya sangat besar. Periksa saja daftarnya (top speed) kami (Yamaha) sangat menderita," katanya.

Rossi mengatakan, aero body yang mencegah ban depan terangkat juga tidak menolong banyak saat balapan. Sebab hal itu berkaitan dengan kelincahan motor, sedangkan yang jadi masalah ialah Yamaha M1 2019 kurang bertenaga.

Valentino Rossi cuma finis ke-4 di sesi kualifikasi MotoGP Argentina 2019.
Valentino Rossi cuma finis ke-4 di sesi kualifikasi MotoGP Argentina 2019. (Twitter @MotoGP)

"Itu peningkatan kecil dalam akselerasi dan itu bagus mencegah wheelie. Tapi kami kehilangan kecepatan. Dalam sejarah, sejak 2004 Yamaha tidak pernah fantastis di trek lurus. Tapi sepertinya tahun ini kita kehilangan sangat banyak,” kata Rossi.

(Penulis : Gilang Satria)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rossi Keluhkan Yamaha M1 2019 Loyo di Trek Lurus"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved