Berita Banjarmasin

Wali Kota Ibnu Sina Rombak Kabinetnya, Lantik 31 Pejabat, Sekretaris PUPR Jadi Kabag Layanan

Sembilan Pejabat Administrator dan 31 Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemko Banjarmasin baru saja dilantik, Senin (20/5/2019) siang.

Wali Kota Ibnu Sina Rombak Kabinetnya, Lantik 31 Pejabat, Sekretaris PUPR Jadi Kabag Layanan
Banjarmasinpost.co.id/isti Rohayanti
Sembilan Pejabat Administrator dan 31 Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemko Banjarmasin baru saja dilantik, Senin (20/5/2019) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sembilan Pejabat Administrator dan 31 Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemko Banjarmasin baru saja dilantik, Senin (20/5/2019) siang.

Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan didampingi oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah.

Dalam pelantikan kali ini, sejumlah pejabat Eselon III a dan Eselon III b mendapatkan posisi baru. Satu di antaranya ialah pada jabatan yang sebelumnya sempat kosong di bagian Pemko Banjarmasin, yakni Kepala Bagian Pemerintahan Sekdako Banjarmasin yang diisi oleh Dolly Syahbana.

Pada pelantikan itu pula, dinobatkan Kepala Bagian Layanan Pengadaan Sekdako Banjarmasin, yakni Joko Pitoyo. Ia sebelumnya menjabat pada posisi Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin.

Menduduki kursi baru, Joko Pitoyo mengatakan berencana untuk mempercepat proses pelelangan yang ada. Sehingga beberapa pelelangan yang belum dilakukan akan secepatnya dilelang.

Baca: Terkait Kenaikan Tarif Angkutan Jelang Lebaran 2019, Begini Langkah Dishub Kabupaten Banjar

Baca: Terkait Pemecatan Pegawai Kontrak, Ombudsman RI Bakal Lakukan Ini, Bu Nunung: Sudah Sesuai Prosedur

Baca: Faktor Keraguan Reino Barack pada Syahrini Terungkap, Gaya Hidup Incess Jadi Perhatiannya

“Itu tindakan awal yang bisa saya lakukan. Sisanya akan dilakukan evaluasi,” jelas mantan Plt Kadis PUPR Kota Banjarmasin tersebut.

Mengenai target, Joko Pitoyo menyampaikan akan melakukan pelelangan secepatnya. Sehingga tidak menghambat pada pembangunan secara keseluruhan untuk Kota Banjarmasin.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina beranggapan bahwa posisi Kabag Layanan Pengadaan Sekdako Banjarmasin memang cocok diduduki oleh Joko Pitoyo. Sebutnya, karena Joko Pitoyo merupakan orang yang paham akan bidang tekhnis. Sehingga cukup kompeten untuk jabatan tersebut.

Ia mengatakan, pemilihan posisi jabatan baru tersebut dalam rangka percepatan penyerapan anggaran. Karena tidak bisa diserap anggarannya apabila lambat apalagi sampai gagal lelang.

“Makanya kemudian perlu adanya upaya percepatan dengan orang yang memang tekhnis konstruksi dan memang kami ambil dari Sekretaris Dinas PUPR dan ia sangat berkompeten,” jelas Ibnu.

Sementara itu, secara keseluruhan, selain Kabag Pemerintahan dan mutase pada Bidang Litbang, Ibnu mengatakan sisanya ialah tuntutan Undang-Undang. Dimana auditor ujar Ibnu belum ada yang dilantik. Sehingga dilantik secara bersamaan dengan pejabat administrator.

“Jadi mereka sebelum melaksanakan tugas harus dilantik terlebih dahulu. Untuk memenuhi UU itu, seluruh auditor kami ambil sumpahnya,” jelas Ibnu.

Orang nomor satu di Kota Banjarmasin itu berharap agar para auditor tersebut bisa memperkuat inspektorat dan APIP. Sehingga betul-betul menjadi semacam borderline di pengawasan atau inspektorat tersebut.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved