Berita Tapin

800 Hektar Padi Unggul di Desa Pandulangan Tapin Kekeringan Terancam Gagal Panen

Sekitar 800 hektar tanaman padi jenis C hirang terancam gagal panen di wilayah Desa Pandulangan, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin

800 Hektar Padi Unggul di Desa Pandulangan Tapin Kekeringan Terancam Gagal Panen
Dari Kades Pendulangan untuk BPost
Sekitar 800 hektar tanaman padi jenis C hirang terancam gagal panen di wilayah Desa Pandulangan, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Sekitar 800 hektar tanaman padi jenis C hirang terancam gagal panen di wilayah Desa Pandulangan, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Ancaman itu karena lahan persawahan yang sudah ditanami padi usia dua bulan kondisi tanahnya pecah akibat kekeringan air.

Kepala Desa Pandulangan, Hasan mengaku pertanian padi di desanya tadah hujan karena memang belum memiliki saluran irigasi.

"Saya sudah foto kondisi tanah pertanian yang pecah akibat kekeringan. Kalau dalam dua pekan ini tidak ada hujan, dipastikan pertanian warga kami gagal panen," katanya dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, Selasa (21/5/2019).

Baca: Diang Anisa Ingin Dedikasikan Ilmunya Untuk Jaga Ekosistem Mangrove

Baca: BEM se Kalsel Turun ke Jalan, Ajak ini Pada 22 Mei Besok

Baca: Bandingkan Richard Kyle dan Ardi Bakrie, Pertanyaan Menohok Hotman Paris Pada Jessica Iskandar

Hasan hanya minta solusi dari Pemerintah Kabupaten Tapin agar pertanian warga di desanya tidak lagi tergantung tadah hujan.

"Misalnya dibuatkan embung sehingga saat musim kemarau, air dari embung dapat dimanfaatkan," katanya.

Hasan mengaku wilayah pertanian di Kecamatan Tapin Tengah yang terdampak kemarau ini, paling parah di desa Pandulangan.

"Di desa tetangga juga terdampak kemarau. Cuma tanahnya yang retak-retak di pertanian desa kami," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tapin, Wagimin sudah mengecek ke lokasi dan melakukan verifikasi untuk penanggulangan ancaman bencana kekeringan yang dialami petani di Desa Pandulangan dan sekitarnya.

Baca: Tak Jadi Prioritas, RTH Brigjend Hasan Basri Dibiarkan Mangkrak Seadanya

Belum lama tadi, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melakukan panen padi unggul di Desa Andika Kecamatan Tapin Tengah. Desa Andika hanya dibatasi jalan kabupaten dengan Desa Pandulangan.

Desa Pandulangan, produksi pertaniannya termasuk bagian dari wilayah ketahanan pangan di Kabupaten Tapin. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved