Pilpres 2019

Cegat Peserta Aksi 22 Mei di KPU, Polisi Sekat 2 Jalur Menuju Jakarta, Lima Pemuda Dipulangkan

Menjelang 22 Mei atau pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh KPU RI, Polres Sumedang Jawa Barat melakukan penyekatan di dua titik di jalur menuju Jakarta.

Cegat Peserta Aksi 22 Mei di KPU, Polisi Sekat 2 Jalur Menuju Jakarta, Lima Pemuda Dipulangkan
KOMPAS.com/DEYTRI ROBEKKA ARITONANG
Gedung Komisi Pemilihan Umum 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SUMEDANG - Peserta aksi massa mulai berdatangan jenjelang 22 Mei atau pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh KPU RI.

Mencegat kedatangan massa, Polres Sumedang Jawa Barat melakukan penyekatan di dua titik lokasi di jalur menuju Jakarta.

Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo mengatakan, penyekatan dilakukan di wilayah perbatasan Sumedang-Bandung, yakni di Kecamatan Jatinangor dan di wilayah menuju pintu Tol Cipali, di Tolengas, Kecamatan Tomo.

"Penyekatan telah kami lakukan sejak tadi malam. Penyekatan di dua lokasi dan kami memberlakukan siaga 1 hingga tanggal 25 Mei nanti," ujarnya kepada KOMPAS.com usai memimpin apel gabungan TNI/Polri persiapan pengamanan antisipasi kontijensi rapat pleno KPU RI, Selasa (21/5/2019).

Penyekatan, kata kapolres, dilakukan untuk mengantisipasi adanya calon peserta yang akan mengikuti aksi di Jakarta pada 22 Mei.

Baca: KPU Menangkan Jokowi-Maruf, Prabowo-Sandi Cuma Punya Waktu hingga 24 Mei Gugat ke MK

Penyekatan ini untuk meminimalisasi pengerahan massa sekaligus melakukan pemeriksaan barang bawaan warga yang hendak bertolak menuju Ibu Kota Jakarta.

"Tadi pagi dini hari, saat operasi penyekatan di wilayah Jatinangor, kami mengamankan lima orang pemuda yang hendak mengikuti aksi 22 Mei di Jakarta. Kami tahan dan langsung kami berikan wawasan kebangsaan agar mereka tidak jadi berangkat ke Jakarta. Karena dari pada di Jakarta nasib tidak jelas dan membahayakan diri sendiri, akhirnya mereka pulang semua," tuturnya.

Kapolres menuturkan, hingga saat ini, pihaknya belum menerima informasi akan adanya gelombang massa dalam jumlah besar asal Sumedang yang hendak mengikuti aksi 22 Mei. Namun begitu penyekatan tetap dilakukan sebagai upaya antisipasi.

"Hingga saat ini belum ada, tapi tetap kami lakukan penyekatan sebagai langkah antisipasi. Tadi pagi (dini hari) juga kan kami dapati lima pemuda asal Cimanggung (Sumedang) yang mau ikut aksi ke Jakarta," sebutnya.

Baca: Hasil Akhir Pilpres 2019 Ditetapkan KPU, Ini Perolehan Suara Jokowi-Maruf & Prabowo-Sandi

Pihaknya juga menempatkan personel TNI/Polri di kantor KPU Sumedang, Bawaslu Sumedang.

"Kami terjunkan 1000 personel gabungan untuk mengamankan sejumlah lokasi dan kantor, seperti kantor KPU Sumedang dan kantor Bawaslu Sumedang," katanya.

(Penulis : Kontributor Sumedang, Aam Aminullah/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegat Peserta Aksi 22 Mei, Polisi Sekat 2 Jalur Menuju Jakarta"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved