Berita Banjarbaru

Hari Kedua PPDB SMP di Banjarbaru, Sekolah Pinggiran Minim Pendaftar

Sejumlah sekolah di Kota Banjarbaru sepi pendaftar dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hari Kedua PPDB SMP di Banjarbaru, Sekolah Pinggiran Minim Pendaftar
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Ilustrasi - Proses Penerimaan peserta didik baru (PPDB) zonasi jenjang SMPN 4 di Kabupaten Batola, beberapa waktu lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sejumlah sekolah di Kota Banjarbaru sepi pendaftar dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Pertama (SMP) .

Sekolah yang sepi pendaftar hingga terancam kekurangan siswa adalah sekolah yang berlokasi Pinggiran semisal SMPN 12 Banjarbaru yang berada di daerah Bangkal Banjarbaru.

Kepala SMPN 12 Banjarbaru, Nurul Huda, Selasa (21/5/2019) menjelaskan sementara ini  di sekolahnya baru 15 calon murid yang mendaftar.

"Sampai hari kedua PPDB ini ada tambahan dua jadi total sementara 17 pendaftar namun dua itu baru laporan awal belum melengkapi berkas. Semua 17 itu baik jalur R1, R2 dan R3 ," kata Nurul Huda.

Menurutnya, jika berkaca tahun sebelumnya ada sekitar 23 siswa yang masuk di SMP nya dan cukup untuk satu rombongan belajar.

Baca: Pagi Beraksi Menggasak Tas, Malamnya Pelaku Dibuat Menyerah

Baca: Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Ketenagakerjaan Kota Banjarmasin Buka Posko Pengaduan THR

Baca: Dengar Thalia Putri Onsu Cuci Piring Sendiri, Ruben Onsu : Aku Awalnya Tak Tega

"Jika melihat kawasan di lingkungan kami harusnya sudah banyak. Karena SD di Bangkal Cempaka ini ada tiga yakni SDN 1,2 dan 3. Namun memang tantangannya warga banyak yang ke jenjang keagamaan (Mts) sehingga peminat kurang. Selain itu SMPN 12 berada diperbatasan, " tandasnya.

PPDB SMP di Banjarbaru di bagi tiga kategori zonasi,

Pertama R1 yaitu pendaftar yang berasal dari RT yang menjadi wilayah zonasenya sekolah yang mencakup beberapa Kelurahan dan Kecamatan yang dekat dengan sekolah puluhan ) dan apabila pendattar melebihi kouta maka akan dirangking berdasarkan hasil nilai rapon; ( kuota 90 % )

Kedua, yakni R2 yaitu pendaftar yang berasal dari perpindahan orang tua ke sekolah pilman dan apabila Jumlah pendaftar melebihi kouta maka akan diranknng berdasarkan hasnl nilai raport ; ( kuota 5 %).

Ketiga R3 yaitu pendaftar lintas zonase yang berasal dari Kota Banjarbaru/Iuar Kota Banjarbaru dan memiluki prestasi dan atau memiliki nilai ujian yang dianggap mampu bersaing kemuduan diranking berdasarkan hasil nilai raport dan nilai prestasi (kuota 5 %)

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved