Pemilu 2019

Ketua Dewan Syuro PKB Laporkan Dugaan Kecurangan Pileg Ke Bawaslu

Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalteng, H.M. Asera, Selasa (21/5/2019) melaporkan dugaan kecurangan Pemilu Legislatif

Ketua Dewan Syuro PKB Laporkan Dugaan Kecurangan Pileg Ke Bawaslu
faturahman
Ketua Dewan Syuro DPW PKB Kalteng, HM Asera 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA -Pelaksanaan pemilu legislatif sudah selesai dilaksanakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng telah menetapkan calon anggota legislatif yang duduk di kursi empuk DPRD Kalteng, namun masih ada aduan dugaan kecurangan dalam pelaksanaan pileg ke Bawaslu setempat.

Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H.M. Asera, Selasa (21/5/2019) melaporkan dugaan kecurangan Pemilu Legislatif (Pileg) yang dilakukan oleh salah satu Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rosita Irma.

Dia dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, kepada Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kalteng di Jalan George Obos, Palangkaraya, Selasa (21/5/2019) diterima oleh sekretariat Bawaslu Kalteng untuk proses selanjutnya sesuai dengan ketentuan yang ada.

Laporan dugaan adanya kecurangan yang berawal dari penyampaian sejumlah masyarakat dari Dapil Kalteng V kepada dirinya tersebut, sengaja diteruskan kepada pihak Bawaslu Provinsi Kalteng, agar dapat ditelusuri lebih dalam sehingga tidak menimbulkan fitnah kepada pihak Rusita Irma.

Baca: Cukup dengan Perkada atau Perwali, THR Pemko Banjarbaru Siap Dicairkan

Baca: Dengar Thalia Putri Onsu Cuci Piring Sendiri, Ruben Onsu : Aku Awalnya Tak Tega

Baca: Di Hadapan Pansus DPRD Seram, Staf Ahli Bupati Banjar Paparkan Enam Perda Syariah ini

Baca: Keutamaan Baca Alquran di Bulan Ramadhan Kata KH Husin Naparin, Simak Nuzulul Quran Menurut UAS

"Selaku Ketua Dewan Syuro saya hanya meneruskan apa yang disampaikan oleh masyarakat kepada saya, terkait dugaan kecurangan yang dilakukan oleh Caleg nomor urut 03 untuk DPRD Provinsi Kalteng dari PKB, sehingga tidak ada fitnah,"ujarnya.

Dikatakan Politisi dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Persatuan Pembangunan (PKBPP) ini, ada sejumlah bukti dari masyarakat yang diserahkan kepada Bawaslu Kalteng, diantaranya yaitu data penggelembungan suara dari 10 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan amplop berisi uang tunai beserta Kartu nama Caleg yang bersangkutan.

"Bukti yang saya dapat dari masyarakat dan saya serahkan ke Bawaslu untuk di telusuri, berupa data penggelembungan suara dari 10 TPS, kemudian amplop berisi uang tunai dan Kartu nama Caleg yang bersangkutan. Kita berharap Bawaslu Kalteng bisa secepatnya menindaklanjuti dan menelusuri laporan ini," ujarnya.

Sementara itu, saat di konfirmasikan ke Bawaslu Kalteng melalui stafnya nya Afif Alimul Hakim, membenarkan pelaporan tersebut. Surat laporan pengaduan sudah diterima Badan Pengawas Pemilu Kalteng. (banjarmasinpost.co.id /faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved