Berita Banjar

Layani Warga di Keladanbaru Gambut, Mahrita Senang Anaknya Sudah Miliki Akta Kelahiran

Sedikitnya 26 warga Desa Keladanbaru Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar menerima akta kelahiran

Layani Warga di Keladanbaru Gambut, Mahrita Senang Anaknya Sudah Miliki Akta Kelahiran
Dari Kominfo Banjar untuk BPost
Disdukcapil Banjar layani pembuatan akta kelahiran warga Desa Keladanbaru Gambut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,MARTAPURA - Sedikitnya 26 warga Desa Keladanbaru Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar menerima akta kelahiran, melalui kegiatan pelayanan keliling yang digelar dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banjar.

Upaya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banjar terus berupaya mendorong ketertinggalan agar capai target nasional, yang mana pencatatan adminitratif kependudukan di Kabupaten Banjar, khususnya bagi yang baru lahir usia 0-18 bulan masih jauh dari target nasional, yakni 85 persen.

Warga yang menyerahkan berkas permohonan pembuatan akta kelahiran melalui perangkat desanya, kemudian diserahkan kepada Disdukcapil untuk diproses dan diverifikasi dengan dokumen kependudukan lainnya.

Penyerahan akta kelahiran untuk 26 warga oleh Disdukcapil Banjar diwakili Kepala Seksi Perkawinan, Perceraian, Perubahan Status Anak dan Perlindungan Anak, Arbainah di kantor Kepala Desa Keladanbaru dan disaksikan oleh Pjs Kepala Desa Keladanbaru, Hairudin.

Baca: Dengar Thalia Putri Onsu Cuci Piring Sendiri, Ruben Onsu : Aku Awalnya Tak Tega

Baca: SESAAT LAGI! Jadwal Waktu Berbuka Puasa 16 Ramadhan, Selasa 21 Mei 2019 Jakarta dan Kota Lainnya

Baca: Sidak Pasar Modern dan Pasar Tradisional, Temukan Ratusan Makanan Tidak Miliki Izin Edar

Dinas Dukcapil Kabupaten Banjar memberikan kemudahan bagi warga untuk mengurus berbagai surat administrasi kependudukan.

Warga yang ingin mengurus surat administrasi kependudukan cukup mengumpulkan berkas yang dikoordinir oleh perangkat desa dan tidak perlu harus datang langsung ke kantor Disdukcapil di Martapura.

“Selanjutnya jika berkas lengkap, benar dan sesuai akan dibuatkan akta kelahirannya dan berkas belum lengkap, belum benar dan terdapat ketidak sesuaian dikembalikan untuk dilakukan perbaikan. Pastikan benar dan sesuaikan datanya baru diserahkan,” ujar Arbainah.

Pihaknya mengapresiasi banyaknya permintaan warga yang menginginkan kegiatan jemput bola ini dilanjutkan. Disdukcapil mempersilakan pihak desa mengajukan permohonannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang berkantor di Jalan Batuah Martapura.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar juga sudah memperluas layanan kepada warganya dengan menandatangani MoU dengan RS Pelita Insani dan RS Mutiara Bunda.

MoU dengan dua rumah sakit ini sebagai bentuk perluasan pelayanan kepada warga masyarakat di Kabupaten Banjar yang mana sebelumnya sudah bekerjasama dengan RSUD Ratu Zalecha Martapura dan RS Citra Mitra Hospital Ciputra Kertakhanyar Kabupaten Banjar.

Total sudah ada empat rumah sakit yang bekerjasama dengan Disdukcapil Kabupaten Banjar dalam memroses akta kelahiran bayi di rumah sakit.

Pihak rumah sakit menyiapkan jaringan, begitu ada informasi data yang masuk maka sudah bisa memroses akta kelahiran secara online. orangtua dan bayinya meninggalkan rumah sakit tempat melahirkan, maka sudah membawa akta lahir,

Baca: Unggah Ujaran Kebencian Terkait Aksi 22 Mei, Polisi Tangkap Pilot Ini di Surabaya

Baca: Ustadz Arifin Ilham Kembali Kritis Dikabarkan Alvin Faiz, Sempat Tuliskan Wasiat Tentang Kematian

Salah seorang warga Desa Keladanbaru yang menerima akta kelahiran, Mahrita merasa senang diadakan pembuatan akta keliling ini. Kegiatan ini mempermudah warga karena tidak jauh-jauh ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Martapura.

“Apalagi permbuatan akta kelahiran ini tidak dipungut biaya sama sekali,” imbuhnya.

Warga lainnya, M Arsyad mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat karena warga sangat diuntungkan terutama dari efisiensi tenaga dan waktu. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved