Berita Banjar

Tanam Perdana Program Serasi di Cintapuri, Begini Tanggapan Petani

Petani berjanji Mensukseskan Program Serasi yang dilaksanakan di Desa Simpanglima Kecamatan Cintapuri.

Tanam Perdana Program Serasi di Cintapuri, Begini Tanggapan Petani
Dari Dinas TPH Banjar untuk BPost
Program Serasi dilaksanakan perdana di Desa Simpanglima Kecamatan Cintapuri Darussalam 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kelompok Tani Desa Simpanglima berkomitmen akan melaksanakan kegiatan bercocok tanam sampai dua kali dalam tahun ini.

Komitmen mereka ini sebagai dukungan untuk mensukseskan Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani atau Serasi  yang dilaksanakan di Desa Simpanglima Kecamatan Cintapuri.

Ditandai dengan tanam perdana di lokasi Serasi di desa tersebut, Selasa (21/5), hadir Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman, Kepala Dinas TPH Kabupaten Banjar, M Fachry, Balai Penyuluh Kecamatan Cintapuri dan dari Kodim 1006/Martapura, dihadiri seluruh masyarakat setempat.

Adapun kegiatan itu merupakan tanam perdana Serasi di Kabupaten Banjar sebagai tindak lanjut dari program Serasi dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar. Serasi merupakan upaya meningkatkan produksi padi dan menyiapkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia 2045.

Baca: Lagi, Kecelakaan Lalu Lintas di Banjarbaru Renggut JIwa

Baca: Pagi Beraksi Menggasak Tas, Malamnya Pelaku Dibuat Menyerah

Baca: Dengar Thalia Putri Onsu Cuci Piring Sendiri, Ruben Onsu : Aku Awalnya Tak Tega

Kepala Gapoktan Desa Simpanglima, Suparto mengatakan, masyarakat petani di desanya sangat senang dan bangga dengan adanya program Serasi yang dilaksanakan oleh pemerintah. Pihaknya pun berterikasih kepada pemerintah, dengan adanya program ini menjadi lebih bersemangat dalam bertani.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah, dengan adanya program ini kami menjadi lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan bercocok tanam. Insya Allah, yang asalnya satu kali dalam setahun, tahun ini kami akan melaksanakan dua kali tanam," katanya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar, Muhammad Fachry mengatakan, dari 13 kecamatan lokasi Serasi yang ada di Kabupaten Banjar, Kecamatan Cintapuri yang telah memulai melaksanakan kegiatan tersebut. Pihaknya bersyukur, padahal Program Serasi baru diluncurkan ini tetapi masyarakat petani di Cintapuri bersemangat mengerjakannya.

"Dari 13 kecamatan lokasi Serasi, Kecamatan Cintapuri adalah yang pertama yang memulai. Sebenarnya ada dua desa yang sudah bergerak melaksanakan kegiatan ini, yang pertama yaitu di Desa Simpanglima dan yang satu lagi yaitu Desa Sindang Jaya," katanya.

Pihaknya berharap, kegiatan ini akan memacu kecamatan lain bagi pelaksana Serasi untuk segera melakukan tanam. Kegiatan Serasi mengajak masyarakat untuk menanam dua kali dalam setahun, mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045 dan mempertahankan Kabupaten Banjar sebagai Kindai Limpuar.

Kedepan semua lahan lebak pasang surut kami targetkan bisa tanam dua kali dalam setahun, kalau saat ini masih didominasi tanam satu kali setahun yang merupakan varietas padi lokal.

Melalui program Serasi ini ada kegiatan pengaturan tata air, sehingga air yang selama ini menyebankan kegagalan tanam bisa diatur, seperti membuat tanggul dan membuat saluran pintu air sehingga air bisa dibuang ke saluran dan saat musim kemarau, air yang ada disaluran bisa ke sawah.

Fachry juga menambahkan, nantinya petani juga lebih familiar dengan menggunakan alat-alat modern, sehingga pertanian benar-benar secara modern, semua ada mesin dan pertanian dikerjakan secara mekanis.

Baca: Sakit yang Diderita Luna Maya Hingga Pingsan di Kamar Mandi Pesbukers yang Buat Raffi Ahmad Geram

Baca: SESAAT LAGI! Jadwal Waktu Berbuka Puasa 16 Ramadhan, Selasa 21 Mei 2019 Jakarta dan Kota Lainnya

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, H Syamsir Rahman kepada Gapoktan pelaksana kegiatan Serasi berpesan gar selalu memperhatikan dan mengacu pada peraturan dan petunjuk umum dalam setiap tahap pelaksanaan kegiatan Serasi.

Program serasi di Desa Simpanglima, Kecamatan Cintapuri Darussalam
Program serasi di Desa Simpanglima, Kecamatan Cintapuri Darussalam (Dari Dinas TPH Banjar untuk BPost)

Dirinya berharap kepada petani untuk bersungguh-sungguh melaksanakan Program Serasi agar kegiatan ini berhasil, karena pada akhirnya tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kesejahteraan petani. Kegiatan ini juga dapat merangsang semangat petani untuk bercocok tanam kembali di lahan rawa.

"Tentunya harus ada komitmen yang tinggi dari masyarakat petani untuk bisa berusaha tani, khususnya padi dalam mendukung program pemerintah," tambahnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved