Ekonomi dan Bisnis

Jelang Lebaran 2019, Transaksi Penukaran Uang di Kaliber Bank Kalsel Capai Rp 100 Juta

Menjelang lebaran Idul Fitri 1440 H, Bank Indonesia menyediakan 150 titik penukaran uang di Kalsel dan bekerjasama dengan 33 bank umum.

Jelang Lebaran 2019, Transaksi Penukaran Uang di Kaliber Bank Kalsel Capai Rp 100 Juta
Istimewa/Bank Kalsel.
Program Kaliber Kas mobil Bank Kalsel di Taman Kamboja. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menjelang lebaran Idul Fitri 1440 H, Bank Indonesia menyediakan 150 titik penukaran uang di Kalsel dan bekerjasama dengan 33 bank umum.

Selain melalui kantor cabang, transaksi penukaran uang tersebut juga dapat dilakukan di kas keliling bersama (Kaliber) yang mana turut melibatkan Bank Kalsel. Kas mobil Bank Pembangunan Daerah Kalsel ini dijadwalkan nongkrong di Taman Kamboja.

Kabag Pelayanan Nasabah Bank Kalsel Cabang Utama Bank Kalsel, Nelly Puspa Sari mengatakan, antusiasme penukaran uang dari nasabah dan masyarakat umum cukup bagus.

"Saat ini transaksi sudah mencapai kurang lebih Rp 100 juta. Yang paling banyak ditukarkan ialah pecahan Rp 10.000 dan 5.000," papar Nelly.

Ditambahkannya, sudah banyak yang mengerti pentingnya bertransaksi secara resmi, khususnya untuk penukaran uang ini agar terhindar dari peredaran uang palsu dan lain sebagainya. Selain di kantor cabang, kantor cabang pembantu, masyarakat bisa menukarkan uang di kas mobil, karena bentuk pelayanannya sama saja.

Baca: Dinas Peternakan Banjar Jamin Stok Daging Aman Hingga Lebaran 2019, Segini Jumlahnya

Adanya program Kaliber tersebut, diakui Nelly terjadi peningkatan transaksi di Bank Kalsel cukup drastis hingga 90 persen.

Sementara itu, Bank Mandiri menyiapkan dana tunai sebesar Rp 54,9 triliun atau sekitar Rp 1,9 triliun per hari untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai di masyarakat pada Bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1440 H. Antisipasi tersebut akan diberlakukan selama 28 hari kerja pada 13 Mei – 9 Juni 2019.

Dijelaskan, Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo, alokasi dana tunai harian tersebut meningkat sekitar 19 persen dari rata-rata kebutuhan harian pada kondisi normal.

"Alokasi dana tunai yang disiapkan tersebut telah memperhitungkan kebutuhan dana masyarakat, terutama nasabah korporasi mengingat masa pembayaran gaji bulan Mei diperkirakan akan berbarengan dengan Tunjangan Hari Raya (THR) pada sekitar akhir Mei," ungkap Kartika seperti dikutip dalam rilis yang diterima Banjarmasinpost.co.id.

Dari besaran tersebut, dia mel

Baca: Pemprov Sediakan 50 Unit Angkutan Mudik Gratis Bagi Warga di Kalsel, Ini Penampakan Mobilnya

Halaman
12
Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved