Berita Tabalong

Pemkab Tabalong Segera Merealisasikan Pemanfaatan Kebun di Hikun Murung Pudak Jadi Icon Tabalong

Pemerintah Daerah Tabalong berencana untuk meningkatkan kualitas kebun di Hikun Kecamatan Murung Pudak.

Pemkab Tabalong Segera Merealisasikan Pemanfaatan Kebun di Hikun Murung Pudak Jadi Icon Tabalong
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Rapat pemerintah daerah Tabalong dan kegiatan APKASI EXPO, pada Forum Bussines Matching. 

BANJARMASINPOST.SO.ID, TANJUNG – Pemerintah Daerah Tabalong berencana untuk meningkatkan kualitas kebun di Hikun Kecamatan Murung Pudak. Rencana ini mendapat perhatian dari Bupati Tabalong Anang Syakhfiani.

Dirinya berpesan peningkatan pembangunan kebun di Hikun harus berjalan dengan baik dan bersungguh-sungguh.

Kreatifitas dan inovasi yang ada diharap mampu menarik pengunjung dari luar daerah ke Kabupaten Tabalong.

“Pemanfaatan lahan dilakukan secara maksimal, tidak terlihat kumuh dan mengedepankan penghijauan,” Ujar Anang.

Lahan seluas 6.000 Hektar harus dipastikan menjadi fasilitas untuk masyarakat yang perlu disesuaikan.

Baca: Pemprov Sediakan 50 Unit Angkutan Mudik Gratis Bagi Warga di Kalsel, Ini Penampakan Mobilnya

“Saya berharap lahan ini akan menjadi nilai tambah untuk Tabalong, tidak hanya kebun, taman, dan kolam biasa saja. Namun, untuk pertanian diharapkan hidroponik dan tanpa pestisida,” tambahnya.

Lahan yang tak jauh dari simpang tiga hikun ini diharapkan dapat menjadi  icon daerah sekaligus destinasi wisata Kabupaten Tabalong.

Program ini disampaikan dalam rapat pemerintah daerah dan kegiatan APKASI EXPO, pada Forum Bussines Matching. Husin Ansari selaku Kabag Perekonomian dan SDA (Sumber Daya Alam) menyebutkan pemerintah daerah memiliki tanah bersertifikasi sekitar 5.000 Hektar hibah dari provinsi.

Namun rencananya nanti sekitar 6.000 Hektar yang akan dibangun lahan taman dan kebun. “Konsep yang akan dibangun adalah kebun dikombinasikan dengan taman-taman, wisata edukasi.” Ujarnya saat diwawawancara.

Pemanfaatan lahan taman dan kebun seluas 6.000 m2 atau Hektar, rencananya dalam pembangunan ini terdapat gerbang depan, tempat parkir, taman, Musola, kantor pengelola, kantin pangan dan toko souvernir.

Baca: Ribuan Petasan Cabe Disita Polsek Kintap dari Pedagang, Ini Alasan Polisi Lakukan Penyitaan

Dalam progam ini ada beberapa SKPD terkait yaitu Dinas Perikanan, Pertanian, Pertahanan Pangan, Perkim, PUPR dan Pariwisata. Target pada Desember tahun ini diharapkan rampung.

Sedangkan, kegiatan APKASI EXPO khususnya pada Forum Bussines Matching sebelumnya Tabalong hanya sebagai peserta. Rencananya 2019 Tabalong akan menjadi Narasumber, dalam Bussines Matching ini ada beberapa peserta yang hadir baik dalam maupun luar negeri.

Tabalong akan memaparkan peluang investasi yang ada di Kabupaten Tabalong. Saat Forum Bussines Matching nanti akan ada buku profil Kabupaten Tabalong yang dibagikan, memuat dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris.

Business matching menjadi kegiatan unggulan selama expo berlangsung yang akan mempertemukan buyer/investor baik dari dalam maupun luar negeri dengan para kepala daerah yang bisa memasarkan beragam produk komoditas unggulan, destinasi wisata kelas dunia hingga peluang investasi yang menjanjikan. (banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved