Berita Tanahbumbu

PT Dharma Lautan Sebut Satu Kapal Dikawal Anggota TNI AL, Amankan Arus Mudik Batulicin-Surabaya

Sudah menjadi agenda rutin setiap mudik lebaran, masyarakat akan membludak di sejumlah tempat keberangkatan

PT Dharma Lautan Sebut Satu Kapal Dikawal Anggota TNI AL, Amankan Arus Mudik Batulicin-Surabaya
Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah
Kepala PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Batulicin, Jamarin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Sudah menjadi agenda rutin setiap mudik lebaran, masyarakat akan membludak di sejumlah tempat keberangkatan. Di antaranya seperti di pelabuhan samudera Batulicin, Kabupaten Tanahbumbu tahun ini dipastikan jumlah penumpang tujuan Surabaya meningkat 50 persen.

Peningkatan jumlah penumpang dari tahun lalu terukur dari pembelian tiket. Hal itu diungkapkan Kepala PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Batulicin, Kabupaten Tanahbumbu Jamarin, Selasa (21/5/2019) kemarin.

Meski demikian, dikatakan Jamarin, mulai terlihat peningkatan jumlah penumpang. Pihaknya sudah melakukan antisipasi, dengan menyiapkan tiga kapal angkutan lebaran dengan jadwal keberangkatan yang berbeda.

"Yaitu KMP Rucitra VII, KMP Dharma Feri III, KMP Kirana IX, dengan kapsita 700-1700 penumpang," jelas Jamarin ditemui usai kegiatan berbuka puasa bersama.

Baca: KONDISI TERKINI Ustaz Arifin Ilham, Alvin Faiz: Abi Sedang Alami Masa Kritis, Mohon Doa Kesembuhan

Baca: UPDATE Aksi 22 Mei, Kondisi Terkini Asrama Brimob, Massa Lempar Molotov, Polisi Pun Lakukan Ini

Baca: Ternyata! Buku Nikah Asli, Hilda Vitria Masih Istri Sah Kriss Hatta, Billy Syahputra: No comment

Untuk keberangkatan KMP Rucitra VII dari Pelabuhan Samudra Batulicin-Tanjung Perak Surabaya, tambah Jamarin, dijadwalkan pada tanggal 23, 24, 27 Mei dan 2 Juni 2019.

Sedangkan keberangkatan KMP Kirana IX pada tanggal 30, 31 Mei dan 03 juni 2019.

"Tanggal 3 Juni kemungkinan akan dilaksanakan dua kali keberangkatan dengan jenis kapal yang sama pada pukul 14.00 wita dan 16.00 wita," ungkapnya.

Sementara keberangkatan KMP Dharma Fery III khusus untuk melayani rute Batulicin-Makasar, dilakukan pada 25 Mei dan 1 Juni 2019 pada pukul 21.00 Wita.

Masih menurut Jamarin, kenaikan jumlah penumpang. Selain terlihat dari pembelian tiket secara online, sekaligus upaya menghindari praktik pencaloan.

Apalagi arus mudik tahun ini, diprediksikan akan mengalami lonjakan penumpang secara signifikan diperkirakan terjadi pada H-7.

"Diperkirakan 80 persen baik itu calon penumpang rute Batulicin-Surabaya atau Batulicin-Makassar," ujarnya.

"Dan, menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang saat berlayar PT DLU juga melakukan kerja sama dengan pihak TNI AL dengan menugaskan beberapa personil yang bersenjata lengkap untuk melakukan pengawalan saat kapal berlayar," tambah Jamarin.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved