Berita Internasinal

Ditembus Anak Panah hingga ke Jantung, Pria Ini Tetap Sadar dan Selamat, Dokter Kaget!

Seorang pria di Italia dilaporkan selamat setelah menjalani operasi akibat mengalami luka di mana dadanya tertembus panah.

Ditembus Anak Panah hingga ke Jantung, Pria Ini Tetap Sadar dan Selamat, Dokter Kaget!
Shutterstock
Ilustrasi anak panah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AOSTA - Seorang pria di Italia dilaporkan selamat setelah menjalani operasi akibat mengalami luka di mana dadanya tertembus panah.

Rumah sakit merilis foto-foto mengejutkan yang menunjukkan panah berukuran 30 sentimeter itu tertancap di dada dekat puting sebelah kiri saat dia berbaring dikelilingi tim medis.

Gambar yang dirilis menunjukkan pria itu mengalami "cedera mengerikan". Dilansir Daily Mirror Rabu (22/5/2019), pria itu mendapatkan pernapasan buatan sebelum dioperasi.

Dokter kaget karena pria yang tak disebutkan identitasnya itu, yang tetap tersadar saat di rumah sakit, tidak tewas ketika panah menembus jantung dan paru-paru dalam insiden di Aosta.

Juru bicara Rumah Sakit Molinette di Turin berkata selain dinding toraks, panah itu juga menembus ventrikel kiri yang merupakan bagian penting dalam bilik jantung.

Baca: UPDATE Kerusuhan Aksi 22 Mei - Massa di Kawasan Sabang Berusaha Bakar Truk Polisi Bermuatan Makanan

Baca: Ustadz Arifin Ilham Berpulang, Warga: Tolong Sampai Kabar ke Masyarakat Ustadz Meninggal

Baca: Rusuh Aksi 22 Mei, Warga Kalsel Pilih Pulkam, di Atas Rumah Saya Hilir-mudik Helikopter

" Panah itu kemudian tertanam di paru-paru kiri. Meski begitu, insiden tersebut tidak mengakibatkan pria itu tewas," demikian keterangan juru bicara itu.

Juru bicara itu menjelaskan, pria berusia 47 tahun itu selamat setelah tim dokter melaksanakan "operasi luar biasa" di bagian bedah jantung Selasa (21/5/2019).

Dia mengatakan, melepaskan panah itu berisiko membuat si pria menderita pendarahan hebat. Karena itu, tim dokter berusaha mengeluarkannya dengan hati-hati.

Setelah melepaskan anak panah itu, dokter lalu melakukan prosedur perforasi kardiopulmoner yang cukup jarang dilaksanakan dalam prosedur operasi di Italia.

Dipimpin oleh Dr Mauro Rinaldi, operasi itu dilaporkan sukses di mana pria itu mendapat bius total, dan tersadar beberapa jam setelah operasi dilaksanakan.

Dalam keterangan resmi, Rumah Sakit Molinette menggambarkan momen operasi itu merupakan "peristiwa langka" yang terjadi di fasilitas mereka.

Adapun penyebab anak panah itu bisa menancap di dada pria tersebut tidak dijelaskan oleh rumah sakit.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved