Barito Putera

Jacksen Pilih Kiper Barito Putera Berdasar Calon Lawan di Liga 1 2019

BARITO Putera menjadi satu-satunya tim Shopee Liga 1 2019 yang menggunakan kiper impor atau pemain asing di posisi penjaga gawang.

Jacksen Pilih Kiper Barito Putera Berdasar Calon Lawan di Liga 1 2019
Istimewa
M Riyandi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - BARITO Putera menjadi satu-satunya tim Shopee Liga 1 2019 (kasta tertinggi bola Indonesia) yang menggunakan kiper impor atau pemain asing di posisi penjaga gawang.

Pemain sepak bola yang dimaksud adalah Yoo Jae-hoon dari Korea Selatan, yang sudah malang melintang di beberapa klub Tanah Air, dan sudah merasakan gelar juara.

Meski sebagai pemain yang berpengalaman dan bermental juara, nyatanya Yoo Jae-hoon tak lantas jadi pilihan pertama pelatih Barito, Jacksen F Tiago.

Buktinya, pada laga perdana melawan Persija Jakarta, Senin (20/05/19) di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jacksen justru menunjuk kiper belia, Muhammad Riyandi, sebagai palang pintu terakhir.

Terkait hal itu, Jacksen pun memberikan penjelasan. Menurutnya, pilihan memainkan Riyandi murni karena kebutuhan taktik dan strategi.

Baca: Debut di Liga 1 2019 Melawan Persija Jakarta, Striker Muda Barito Putera Yassa Grogi

Bagi pelatih sepak bola berpaspor Brasil itu, tidak ada kata kiper utama dari tiga penjaga gawang yang ada yakni Riyandi, Yoo Jae-hoon, atau Aditya Harlan.

"Riyandi itu cuma pilihan utama tim pelatih (buat lawan Persija), tapi kami punya tiga kiper dengan level yang sama," bukanya.

"Ini (pilihan Riyandi) kembali kepada strategi dan taktik yang dipakai pada laga itu (kontra Persija). Saya rasa Riyandi lebih baik, dia punya kelebihan dalam situasi bola atas dan cukup berhasil dan sukses," imbuh Jacksen.

Lebih lanjut, Jacksen tak menjamin Riyandi akan jadi kiper di laga kedua melawan Madura United, 24 Mei 2019 nanti. Mantan pelatih Persipura Jayapura itu akan melihat terlebih dahulu perkembangan dan kesiapan ketiga penjaga gawang di sesi latihan.

Baca: Hasil Barito Putera vs Persija Imbang 1-1, Jacksen Tidak Puas, Tapi Puji Perjuangan Anak Asuhnya

"Bisa saja lawan Madura kamj turunkan pemain lain. Tapi laga tadi (lawan Persija) Riyandi pilihan paling tepat. Tapi dia bukan pilihan pertama nanti, karena semua bersaing sehat," tuturnya.

Sekadar informasi, Barito Putera sementara ini menempati peringkat delapan klasemen sementara Liga 1 2019 dengan torehan 1 poin. Selanjutnya mereka akan menghadapi Madura United di pekan kedua pada Jumat (24/5). (indosport)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved