Berita Banjarmasin

Jelang Mudik 2019, Sebanyak 19 Bus Tak Laik Jalan, Balai Transportasi Laksanakan Ram Cek

Bagian fisik AKAP, mulai dari rem, lampu, ban, kaca dan segala pendukung angkutan dicek oleh UPT PKB dari Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.

Jelang Mudik 2019, Sebanyak 19 Bus Tak Laik Jalan, Balai Transportasi Laksanakan Ram Cek
capture/BPost Edisi cetak
Harian Banjarmasin Post edisi Kamis (23/9/2019), Halaman 9 

BANJARMASINPOST, BANJARMASIN -   Jelang mudik Lebaran 2019, sejumlah Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal KM 6 Banjarmasin, diperiksa oleh tim dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTB) Wilayah XV Kalimantan Selatan, Rabu (22/5/2019).

Bagian fisik AKAP, mulai dari rem, lampu, ban, kaca dan segala pendukung angkutan dicek oleh UPT PKB dari Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin. Mereka memeriksa kondisi setiap angkutan apakah laik jalan atau sebaliknya.

Pemeriksaan atau ram cek tersebut juga melibatkan pihak kepolisan serta jasa raharja. Sehingga tak hanya bagian fisik angkutan yang dicek, melainkan ada pula pemeriksaan surat menyurat.

Hasil ram cek, Rabu (22/5/2019) pada tiga lokasi, dari 40 bus yang diperiksa sebanyak 52,5 persen atau 21 bus memenuhi persyaratan atau laik jalan. Sedangkan 19 unit bus, atau 47,5 persen belum memenuhi persyaratan atau tak laik jalan.

Arif, satu sopir AKAP trayek Banjarmasin-Palangkaraya menjadi angkutan pertama yang diperiksa. Kondisi fisik angkutan yang dibawa Arif dinyatakan tidak lulus tes.

Pasalnya, Arif tidak bisa memperlihatkan buku KIR yang masih berlaku. Selain itu STNK angkutannya pun mas berlakunya juga habis.

Namun Arif berdalih telah dalam proses pembuatan STNK dan pengurusan buku KIR. Sebutnya, ia memiliki KIR sementara. Sedangkan STNK tinggal menunggu selesai.

Baca: Ustadz Arifin Ilham Meninggal Dunia di Malaysia, Alfin Faiz : Abi Akan Dimakamkan di Bogor

Pada pemeriksaan itu, dipimpin langsung oleh Kepala BPTD Wilayah XV Kalimantan Selatan, Ardono. Ia menyampaikan pemeriksaan fisik, atau ram cek dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah untuk angkutan umum masyarakat.

"Apalagi Lebaran ini kegiatan perjalanan antar kota mungkin meningkat. Sehingga wajib menyediakan sarana yang memenuhi aspek keselamatan dan kenyamanan bagi masyarakat," ucapnya.

Ram cek kali ini dilakukan pada Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar. Tim pemeriksaan mendatangi Terminal KM 6 Banjarmasin, PO AKAP Banjarmasin dan PO AKAB Kabupaten Banjar. (ell)

Baca Lebih Lengkap di Harian Banjarmasin Post edisi Kamis (23/5/2019)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved