Piala Dunia 2022

Karena Masalah Krusial Ini, Piala Dunia 2022 Tak Jadi Diikuti 48 Negara

Sebelumnya, otoritas sepak bola tertinggi di dunia itu berencana menambah jumlah peserta putaran final Piala Dunia, dari 32 menjadi 48 negara.

Karena Masalah Krusial Ini, Piala Dunia 2022 Tak Jadi Diikuti 48 Negara
FIFA.com
Trofi Piala Dunia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tak bakal ada penambahan jumlah peserta untuk Piala Dunia 2022 di Qatar. Demikian keterangan resmi FIFA.

Sebelumnya, otoritas sepak bola tertinggi di dunia itu berencana menambah jumlah peserta putaran final Piala Dunia, dari 32 menjadi 48 negara.

Piala Dunia 2022 rencananya akan menjadi turnamen antarnegara pertama yang akan menggunakan format 48 negara. Namun, hal itu urung terlaksana.

"Setelah melakukan konsultasi secara komprehensif, perubahan itu tak bisa dilakukan segera," demikian keterangan resmi FIFA seperti dikutip dari situs web BBC.

Putusan penambahan jumlah peserta itu memang menimbulkan pro dan kontra. Apalagi, Qatar 2022 akan dimainkan pada periode waktu berbeda, akhir tahun, tidak seperti penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya.

Selain itu, UEFA selaku badan sepak bola Eropa, juga sempat mengkritik niatan Presiden FIFA, Gianni Infantino, tersebut.

Baca: Dengan Rp 404,9 Miliar, Dortmund Datangkan Bintang Leverkusen, Padahal Sudah Diincar Liverpool

Baca: Hasil Akhir Borneo FC vs Arema FC : Skor 2-0, Arema FC Telan Dua Kekalahan Beruntun di Liga 1 2019

"Penambahan jumlah peserta akan menghadirkan banyak masalah. Ide itu sedikit tak masuk akal," ucap Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, November lalu.

Sebenarnya, putusan asal FIFA untuk menggelar Piala Dunia dengan 48 peserta baru akan dilangsungkan pada Piala Dunia 2026 yang akan dilangsungkan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Akan tetapi, Infantino punya ide berbeda. Pada Oktober lalu, dia menimbang putusan penambahan jumlah peserta putaran final dipercepat menjadi 2022.

"Sepak bola bukan saja Eropa dan Amerika Selatan, melainkan global," ucap Infantino soal ide menambah kontestan Piala Dunia.

Tujuh bulan berselang, ide itu kembali mentah. Kemungkinan besar Piala Dunia dengan 48 peserta baru akan dilangsungkan pada 2026.

Berbeda dengan format 32 negara, saat Piala Dunia diikuti 48 negara kemungkinan para peserta akan dibagi menjadi 16 grup masing-masing berisi tiga tim.

Hal itu dimaksudkan agar lebih mudah untuk menentukan siapa saja yang lolos ke fase gugur. Maklum, fase gugur pertama adalah babak 32 besar.

Dengan membagi peserta ke dalam 16 tim, akan lebih mudah dalam penentuan jadwal babak 32 besar. Hal itu berbeda dengan Piala Dunia saat ini yang tiap grup berisi empat negara.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved