Berita Banjarmasin

KSOP Banjarmasin Siapkan Tiga Kapal Gratis Angkut Pemudik Lebaran, Kapal KPLP Sudah Sandar

Kapal ini nantinya mengangkut para pemudik apabila tidak bisa ditampung oleh kapal roro yang dimiliki oleh tiga agen pelayaran di Banjarmasin.

KSOP Banjarmasin Siapkan Tiga Kapal Gratis Angkut Pemudik Lebaran, Kapal KPLP Sudah Sandar
banjarmasinpost.co.id/jumadi
Kapal milik KPLP Surabaya sengaja datang ke Banjarmasin untuk mengantisipasi penumpang mudik yang tidak dapat menggunakan kapal roro. 

BANJARMASINPOST, BANJARMASIN - Kapal milik Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Surabaya sudah sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, sejak Selasa (21/5/2019) siang.

Kapal ini nantinya mengangkut para pemudik apabila tidak bisa ditampung oleh kapal roro yang dimiliki oleh tiga agen pelayaran di Banjarmasin.

Kapal roro tersebut menyiapkan sembilan buah kapal, khusus bagi pemudik. Baik mereka yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin, Bambang Gunawan, bahwa untuk arus mudik tahun ini mengalami peningkatan sekitar 4,80 persen atau sekitar 1.919 orang, dibanding pada tahun 2018.

"Kenaikan ini terjadi dampak dari naiknya tiket pesawat terbang yang melambung," jelas Bambang Gunawan kepada wartawan.

Baca: Pemprov Kalsel Siapkan 50 Angkutan Gratis Mudik Lebaran 2019, Ini Jadwal dan Tujuannya

Baca: Usai Ram Cek, AKAP Laik Jalan Dapat Stiker dari BPTB Wilayah XV Kalsel, Ini Maksud dan Tujuannya

Sehingga KSOP harus menyiapkan dua Kapal Negara (KN) milik KSOP, ditambah satu buah kapal milik KPLP Surabaya. Mereka nantinya turut membantu mengangkut penumpang.

"Ketiga kapal ini nantinya digunakan untuk mengangkut penumpang apabila pemudik tak kebagian kapal roro, dan masing-masing kapal berkapasitas sekitar 100 penumpang. Tiga buah kapal yang kami siapkan gratis tak dipunggut biaya," terangnya.

Sementara itu Kapten Kapal KPLP Surabaya, Eko Hadi Suyanto, Rabu (22/5/m) mengatakan, pihaknya kebih awal menyiapkan kapal ini untuk mengantisipasi membludaknya penumpang mudik ke Surabaya.

"Kapal ini dengan nama KN Chundamani dengan nomor lambung P-116. Dua tahun yang lalu kapal ini pernah mengangkut penumpang musik menjelang lebaran," terangnya. (banjarmasinpost.co.id/jd)

Penulis: Jumadi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved