Berita Banjarmasin

Mahasiswa ULM Bikin Kendaraan Hemat Energi, Mobil Bisa Digunakan Rektor Keliling Kampus

Malam begadang, siang kuliah, begitulah aktivitas Wasaka Team Car Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin tiga bulan terakhir.

Mahasiswa ULM Bikin Kendaraan Hemat Energi, Mobil Bisa Digunakan Rektor Keliling Kampus
capture/BPost Edisi cetak
Mobil hemat energi buatan mahasiswa ULM 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Malam begadang, siang kuliah, begitulah aktivitas Wasaka Team Car Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin tiga bulan terakhir.

Begadang bukan sembarang begadang. Tim dari Fakultas Tekhnik ini sedang fokus membuat mobil listrik.

Rencananya, mobil digunakan untuk operational kampus ULM. “Kami ingin agar mobil yang kami buat nanti bisa digunakan untuk mobil kampus ULM. Semisal untuk rektor dan para tamunya jalan-jalan di area kampus,” kata anggota Wasaka Team Car, Raziah Haniah.

Untuk itu, Zia bersama sekitar 20 rekannya bekerja siang malam. Mereka membuatnya di satu ruang kerja di kampus Fakultas Teknik.

Walau sementara ini mobil yang dibuat hanya satu, mereka akan membikin satu lagi. Dengan demikian, satu mobil bisa digunakan di kampus Banjarmasin, satunya lagi di kampus ULM di Banjarbaru.

Baca: Ustadz Arifin Ilham Berpulang, Ini Wasiat Terakhir Sebelum Sang Ulama Meninggal Dunia

Sementara ini mobil yang dibikin berbahan bakar gasoline. Saat ini pengerjaan fisiknya sudah 35 persen. Sedangkan mobil listrik, menurut Zia, tim sedang persiapan ke Jakarta untuk belajar.

Selain untuk kampus, kedua mobil akan diikutkan dalam Kontes Mobil Hemat Energi 2019 dan Shell Eco Marathom Asia 2020. Sehingga mahasiswa yang terlibat pun harus bekerja keras.

“Pengerjaan biasa dilakukan saat waktu kosong kuliah, malam, dan akan lebih push saat liburan kuliah selesai lebaran,” jelas Zia.

Tim juga harus berpikir keras agar mobil benar-benar hemat energi dan ramah lingkungan. Apalagi untuk mobil listrik, ini merupakan aksi pertama Fakultas Teknik.

Baca: Kesan Mendalam Menantu Ustadz Arifin Ilham, Larissa Chou Ungkap Panggilan Sayangan Istri Alvin Faiz

Wasaka Team juga ing memberikan inspirasi dan membuktikan bahwa mahasiswa di Kalimantan juga mampu membuat mobil hemat energi. Zia dan kawan-kawan pun berharap bisa sampai ke tingkat dunia.

Mereka semangat melakukannya karena mendapat dukungan penuh dari Rektor Prof Sutarto Hadi. Tim yang dibentuk pada 2015 ini bahkan baru saja mendapatkan bantuan satu sepeda motor Yamaha Mio M3 dari produsennya. Sepeda motor itu untuk pembuatan mobil hemat energi yang diikutkan pada kontes Mobil Hemat Energi di Malang dan Shell Eco Marathon Asia di Malaysia. (banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved