B Focus

PSSI Kalsel Gelar Ligama U-21 Kalsel 2019, Juara Kalsel Langsung Lolos

Persatuan Sepakbola Indonesia (PSSI) Kalimantan Selatan segera menggulirkan kompetisi sepak bola Liga Mahasiswa (Ligama) U-21 Kalsel 2019

PSSI Kalsel Gelar Ligama U-21 Kalsel 2019, Juara Kalsel Langsung Lolos
capture/banjarmasin post
Harian Banjarmasin Post Edisi Kamis 23 Mei 2019, Halaman 18 

BANJARMASINPOST.CO.ID. BANJARMASIN - Persatuan Sepakbola Indonesia (PSSI) Kalimantan Selatan segera menggulirkan kompetisi sepak bola Liga Mahasiswa (Ligama) U-21 Kalsel 2019 pada Juni mendatang.

Sejauh ini baru lima perguruan tinggi yang memastikan ambil bagian yakni JPOK ULM, Uniska, UIN Antasari, Poltek Tanah Laut dan STIMIK Banjarbaru.

Jumlah ini lebih baik dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti empat tim dari empat · perguruan tinggi.
Jumlah yang sangat sedikit bila membandingkan dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Banua.

Bahkan untuk mencoba menarik minat banyak peserta induk olahraga sepakbola di Banua ini sudah tiga mengalami penundaan kompetisi.

Sekretaris PSSI Kalsel, Baktiansyah mengatakan meski minim peserta namun Asprov PSSI Kalsel tetap menyambut baik dan berterimakasih dengan adanya program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini.

Baca: Debut di Liga 1 2019 Melawan Persija Jakarta, Striker Muda Barito Putera Yassa Grogi

Bahkan ujar Bakti Kemenpora menggelar kompetisi liga secara berjenjang dimulai usia 12, U-14, U-16 dan ligama U-21.

"Oleh sebab itu Asprov mendukung penuh untuk pelaksanaan ditingkat Kalsel dan dalam kesempatan ini pula kami mengharapkan dukungan pemerintah (dalam hal ini Dispora) untuk bersama sama mensukseskan program yg sangat baik ini," ini ujar wasit nasional Banua ini.

Mengenai Ligama U21 terang Bakti tahun ini merupakan tahun kedua dan tahun lalu diikuti hanya empat perguruan tinggi dimana juaranya JPOK FKIP ULM.

"Namun karena terbentur masalah dana akhirnya wakil Kalsel tidak bisa berangkat ke tingkat nasional di Jabar," terang dia.

Untuk tahu ini sebetulnya sejak 26 Maret undangan sudah disampaikan ke seluruh Pergiruan tinggi negeri dan swasta namun yang sudah mendaftar sampai saat ini baru saja.

"Tapi hingga menjelang liga bergulir kami masih tetap membuka pendaftaran bagi peserta yang ingin ikutan," kata Bakti.

Baca: Peluit Palsu Penonton Ganggu Laga Barito Putera vs Persija Jakarta

Regulasi yang dipakai ditahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya, yakni masih menggunakan format setengah kompetisi.

Para pemain merupakan kelahiran tahun 1998, dan berstatus sebagai mahasiswa aktif.

Yang berubah hanya pada saat lolos dari zona Kalsel, tidak lagi masuk ke regonal Kalimantan. Namun berhak langsung lolos ke tingkat nasional.

“Juara masing-masing zona nantinya bakal menjadi wakil masing-masing daerah untuk bertarung di level nasional. Rencananya berlangsung di Yogyakarta 17 hingga 22 September 2019,” terangnya.(arl)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved