Berita Banjarbaru

Pusat Keramaian di Banjarbaru Dipantau CCTV, Diskominfo Tambah Tujuh Lokasi

Jumlah Kamera pengintai atau CCTV (Closed Circuit Television) di Kota Banjarbaru baru bakal bertambah.

Pusat Keramaian di Banjarbaru Dipantau CCTV, Diskominfo Tambah Tujuh Lokasi
nia kurniawan
Hasil pantau CCTV Kota Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Jumlah Kamera pengintai atau CCTV (Closed Circuit Television) di Kota Banjarbaru baru bakal bertambah.

Dinas Komunikasi & Informatika (Diskominfo) Kota bakal menambah 7 CCTV yang akan di pasang di sejumlah lokasi keramaian di Kota Banjarbaru.

Kepala Diskominfo Kota Banjarbaru, Johan Arifin, Kamis (23/5/2019) mengatakan, penambahan tujuh titik CCTV tersebut akan dipasang di Bundaran Banjarbaru juga akan dipasang CCTV di depan Q Mall, Depan ULM dan dekat Polres Banjarbaru.

"Total ada tujuh titik cctv dengan anggaran sekitar 195 juta. Targetnya secepatnya bisa terpasang dan bisa online untuk memantau kondisi di Banjarbaru juga akan dipasang CCTV di depan Q Mall, Depan ULM dan dekat Polres Banjarbaru," urai dia.

Baca: Luna Maya & Syahrini Sepanggung! Link Live Streaming SCTV dan ANTV Penampilan Istri Reino Barack

Baca: Selawat Sambut Jenazah Ustadz Arifin Ilham, Kilas Balik Ayahanda Alvin Faiz Digigit Ular Kobra

Baca: Head to Head & Prediksi Skor Barito Putera vs Madura United di Liga 1 2019 Pekan 2 Live Indosiar

Dijelaskan Johan, total ada tujuh titik cctv dengan anggaran sekitar Rp 195 juta. Targetnya secepatnya bisa terpasang dan bisa online untuk memantau kondisi di Banjarbaru

"Secepatnya di pasang. Dari Minggu depan ini mulai dilakukan pengerjaan," kata dia.

Johan mengtakan, sebelumnya pemasangan CCTV sudah ada di 10 lokasi. Adapun untuk titik yang sudah terpasang yakni; di Taman Gembira, Taman Mawar, KFC/Terminal Pasar Bauntung , bBundaran STM, Lapangan Murjani, Taman Van Der Pijl 1, Van Der Pijl 2 , Taman air Mancur serta lapangan basket Rebatig.

Mantan Kabag Humas Pemko Banjarbaru itu menjelaskan CCTV itu mengakomodir dan memantau beberapa sudut rawan Kota Banjarbaru. Misalnya untuk kepentingan aparat berwajib atau satuan penegak Perda dalam memantau kondisi keamanan dan ketertiban.

Kepala Diskominfo Kota Banjarbaru, Johan Arifin
Kepala Diskominfo Kota Banjarbaru, Johan Arifin (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Bisa juga CCTV dimanfaatkan untuk melacak pelaku atau DPO yang berstatus buronan dari sebuah peristiwa. Hingga mengungkap kronologis sebuah tindak pidana yang terjadi.

Baca: HST Berhasil Raih WTP, Bupati H A Chairansyah : Ini Didapat Atas Kerja Keras Semua SOPD

Baca: Dekati Lebaran Orderan Kembang Mulai Berlipat, Segini Harganya

Bahkan belum lama tadi diinfokan ada lampu sorot warna warni dipasang hilang dicuri orang.

CCTV ini merupakan inovasi Kota Banjarbaru dalam merealisasikan Smart City. Diinisiasi oleh Pemko melakui Diskominfo, CCTV yang sudah terpasang bisa dinikmati oleh semua orang.

Sebab, hasil tangkapan CCTV yang sudah ada bisa secara real time (langsung) dipantau dari smartphone. Caranya dengan mengunjungi laman http://banjarbarukota.go.id/pantau.html. (banjarmasinpost.co.id /nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved