BPost Cetak

Perbankan Imbau Nasabah Tak Pakai VPN

Banyak anggota masyarakat yang menggunakan aplikasi Virtual Private Network (VPN) agar tetap dapat mengakses medsos.

Perbankan Imbau Nasabah Tak Pakai VPN
via KOMPAS.com
Ilustrasi Malware VPNFilter yang menyerang Router(Digital Trends/Cisco) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Menyikapi Aksi 22 Mei, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pembatasan akses media sosial (medsos) seperti Facebook, Instagram, Twitter dan WhatsApp. Oleh karena kesulitan berkomunikasi, banyak anggota masyarakat yang menggunakan aplikasi Virtual Private Network (VPN) agar tetap dapat mengakses medsos.

Namun ternyata penggunaan VPN memiliki beberapa risiko seperti ancaman virus dan pelacakan. Beredar pula kabar, VPN gratis berisiko pada transaksi perbankan melalui aplikasi mobile banking atau internet banking di telepon pintar pengguna.

Melalui pesan singkatnya, PT Bank Central Asia (BCA) mengimbau nasabahnya agar menonaktifkan VPN ketika sedang menggunakan mobile banking (m-BCA).

“Mohon untuk tidak melakukan transaksi perbankan saat mengakses VPN, jadi pastikan aplikasi VPN-nya dalam kondisi disconnect apabila akan melakukan transaksi perbankan di Smartphone,” tulis Liana Feary, staf BCA Prioritas Galaxy dalam pesan singkat kepada nasabah, Kamis (23/5).

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra pun angkat bicara. Menurutnya, pesan tersebut bisa saja berasal dari kantor cabang perseroan di daerah. Tujuannya agar nasabah lebih hati-hati.

Baca: Empat Atlet Paralympic Balangan Dipanggil ke Pelatnas, Pahri Berlatih Empat Jam Setiap Hari

Baca: Merawat Keutuhan Berbangsa

Baca: Menggapai Syafaat Shiyam dan Alquran

Namun, Jan Hendra menegaskan seluruh layanan mBCA sudah terenkripsi secara mantap. “Di mBCA ssebetulnya ada keamanan tambahan di enkripsi-nya. Cuma, waspada itu perlu,” katanya singkatnya.

Direktur BCA Santoso mengatakan data nasabah tidak mudah disadap meski masyarakat menggunakan VPN. Namun, dia mengaku tak bisa memastikan kualitas sistem keamanan yang disediakan aplikasi VPN gratis.

Oleh karena itu dia menyarankan masyarakat yang ingin mengakses mobile banking dan internet banking BCA untuk tidak menggunakan VPN gratis. “VPN itu ibaratnya lorong. Nasabah mengirim data ke kami menggunakan lorong itu. Nah kami tidak tahu kualitas lorong itu bagus atau tidak? Jadi kalau ditanya soal VPN gratis, ya lebih baik ja­ngan pakai VPN,” ujar Santoso, seperti dikutip dari Antara, Kamis (23/5).

Menkominfo Rudiantara menyatakan pembatasan penggunaan media sosial terutama untuk foto dan video untuk membatasi penyebaran berita hoaks terkait Aksi 22 Mei 2019.

Hingga Kamis, pembatasan penggunaan medsos masih berlangsung.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved