Berita Banjar

Perbup Belum Selesai, THR ASN Pemkab Banjar Diundur, Ini Jadwal Pembayarannya

THR bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Banjar sebanyak 6.525 orang rencana dibagikan Selasa (28/5/2019)

Perbup Belum Selesai, THR ASN Pemkab Banjar Diundur, Ini Jadwal Pembayarannya
Shutterstock
Ilustrasi THR 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - THR bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Banjar sebanyak 6.525 orang rencana baru akan dibagikan Selasa (28/5/2019), padahal rencana awalnya dibagikan pada Jumat (24/5/2019). Hal ini disebabkan terkendala teknis yakni belum rampungnya Peraturan Bupati Banjar tentang Pembayaran THR dan Gaji ke-13.

Kepala Bidang Perbendaharaan BPKAD Kabupaten Banjar, H Abdullah Fathar mengatakan, Perbup sudah selesai dan sudah masuk ke Biro Hukum Provinsi Kalsel, tertanggal Jumat 24 Mei 2019. Dia menegaskan, Perbup masih proses registrasi di Biro Hukum Provinsi Kalsel.

Dia mengakui, pihaknya sedikit ada kesalahan dalam memahami PP Nomor 36. Isi regulasi dari peraturan Bupati Banjar tersebut mengatur waktu tentang pembayaran THR dan Gajih ke-13 terhadap PP Nomor 35 dan PP Nomor 36 dan pembayaran Gaji Induk untuk bulan Juni 2019.

Terkait anggaran, ditegaskannya tidaklah masalah, karena sudah tercantum dalam APBD. Total dana keseluruhan yang akan dibayarkan kepada 6.525 ASN yang ada dilingkungan Pemkab Banjar yakni Rp 28 miliar dan akan disalurkan pada Selasa (28/5/2019).

Baca: Layani Arus Mudik, Ini Jadwal Kapal Keberangatan Kapal ASDP

Baca: Kapan Malam Lailatul Qadar Ramadhan 1440 H? Simak Tausiah Ustadz Abdul Somad

Baca: Kucing yang Dibuang ke BPTU HPT Dibuang Lagi ke TPA Bakunci, Begini Alasannya

Sebelumnya, Kepala BPKAD Kabupaten Banjar, Achmad Zulyadaini mengatakan, pihaknya memang sedang menyiapkan Raperbup untuk proses pencairan THR ASN Pemkab Banjar. Selain itu, para ASN tetap menerima gaji bulan Juni yang rencananya akan dibayarkan pada 3 Juni 2019 dan kembali menerima gaji 13 pada 2 Juli 2019.

Pihaknya juga sudah menggelar rapat terkait Persiapan Draf Peraturan Bupati Banjar tentang Pembayaran THR dan Gaji Ke-13 terhadap PP Nomor 35 dan PP Nomor 36 dan Pembayaran Gaji Induk untuk Juni 2019 beberapa hari lalu.

Berdasarkan hasil notulen rapat tersebut, diantaranya CPNS berdasarkan PP dan PMK, harus dibayarkan karena berdasarkan SPMT 1 April 2019 baik itu untuk THR maupun gaji ke-13nya akan masuk dalam Peraturan Kepala Daerah. Gaji THR akan dibayarkan pada 24 Mei 2019, gaji ke-13 akan dibayarkan pada 2 Juli 2019.

"Harus dibuatkan Rancangan Peraturan Bupati Banjar tentang Pembayaran Gaji Induk untuk bulan Juni 2019. Gaji Juni akan dibayarkan pada 3 Juni 2019," katanya.

Baca: Diduga Sakit Hati, Barson Bunuh Pasutri di Kebun Karet

Baca: Pos Polisi Dekat Rumah Jokowi di Solo Terbakar, Rembetan Aksi Rusuh 22 Mei?

Sedangkan untuk pembayaran gaji Juni 2019 diberikan surat tugas kepada pengelola SP2D untuk pembayaran gaji yang ditandatangani oleh Sekda Banjar.

Untuk tunjangan TPP apakah akan dikonsultasikan dengan kementerian dalam negeri bersama tim rapat sebelum dibayarkan.

Pada rapat yang berlangsung di aula BPKAD Kabupaten Banjar itu, dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Pemkab Banjar, Hj SIti Mahmudah. Turut dihadiri Kepala BPKAD Kabupaten Banjar, Achmad Zulyadaini. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis:
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved