Keracunan Massal di Kapuas

Warga Pulau Petak Keracunan Massal, Dinkes Kabupaten Kapuas Kerahkan Tenaga Puskesmas

Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas masih melakukan ragam upaya tindaklanjuti keracunan massal di Desa Narahan Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas

Warga Pulau Petak Keracunan Massal, Dinkes Kabupaten Kapuas Kerahkan Tenaga Puskesmas
Banjarmasinpost.co.id/Fadly Setia Rahman
Suasana perawatan di gazebo RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas masih melakukan ragam upaya tindaklanjuti keracunan massal di Desa Narahan Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas, Jumat (24/5/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi dan jajaran diperintahkan oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat untuk terus memonitor dan melakukan upaya-upaya sesuai tugas dan fungsinya di lokasi.

"Jika masih ada yang perlu ditangani secara intensif, segera bawa dan evakuasi ke RSUD dr H Soemarno Sosroatmojo Kuala Kapuas," ungkap Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi mengatakan pihaknya sudah melakukan segala upaya penanganan di lokasi dengan sebaik-baiknya.

"Kami juga kerahkan seluruh puskesmas-puskesmas terdekat untuk turun ke lokasi membantu penanganan," katanya.

Tim dari Dinkes Kabupaten Kapuas pun sedang melakukan penyelidikan epidemiologi terkait kejadian tersebut. "Sampel untuk diteliti sudah diambil," tambahnya ketika dikonfirmasi.

Baca: BREAKING NEWS : Puluhan Warga Kapuas Dievakuasi ke Rumah Sakit, Diduga Keracunan Makanan

Baca: Keracunan Massal di Desa Narahan Pulau Petak Kapuas, Diduga Korban Usai Santap Makanan Ini

Baca: 82 Warga Pulau Petak yang Alami Keracunan Makanan, Dievakuasi ke RSUD dr H Soemarno Kuala Kapuas

Baca: Makannya Saat Bukber, Warga Pulau Petak Rasakan Keracunan Ketika Sahur, Bupati Kapuas Lakukan Ini

Diberitakan sebelumnya, puluhan warga di desa itu diduga keracunan makanan usai menyantap sajian makanan buka puasa bersama yang diadakan di Masjid Nurul Istiqomah, Handel Simpang Aya, Desa Narahan, Kecamatan Pulau Petak, Kamis (23/5/2019) petang.

Makanan apa yang disantap? Keterangan dari beberapa warga yang dijumpai di RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, mereka saat buka puasa itu makan nasi bungkus, telor masak habang (merah).

Gejala keracunan makanan mulai dirasakan oleh warga saat jam sahur. Para warga merasakan sakit kepala, pusing, mual, sakit perut sampai muntah-muntah. Kini semua pihak terkait sedang bahu membahu dalam penanganan kasus keracunan massal ini sesuai tugas dan fungsinya.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved