BUMI SANGGAM

Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur di Balangan Dibuka Sekda Provinsi. Ini Pesan yang Disampaikan

Festival tanglong dan bagarakan sahur di gelar di Taman Sanggam, Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel, dari 24 Mei hingga 26 Mei 2019.

Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur di Balangan Dibuka Sekda Provinsi. Ini Pesan yang Disampaikan
HO/Humas Pemkab Balangan
Sekda Provinsi H Abdul Haris Makkie bersama Bbupati Bbakangan H Ansharuddin saat pembukaan festival Bagarakan Sahur di Paringin, Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Festival tanglong dan bagarakan sahur di gelar di Taman Sanggam, Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel, dari 24 Mei hingga 26 Mei 2019.

Menandai dimulainya kegiatan ini, Sekda
Provinsi Kalsel, H Abdul Haris Makkie, telah membuknya, Jumat (24/5/2019) malam

"Acara ini selain sebagai sarana melestarikan tradisi budaya juga menjadi salah satu potensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata," kata sekda.

Dirinya juga berharap Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur ini kedepannya bisa dikemas sedemikian rupa, supaya menjadi agenda rutin yang dapat menjadi daya tarik.

“Pemprov Kalsel juga telah memberikan imbauan kepada seluruh kabupaten atau kota untuk memeriahkan bulan ramadan, salah satunya dengan mengelar malam Nuzulul Quran dan kegiatan agamis lainnya,’’ katanya.

Terpisah Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan festival tanglong ini merupakan aktualisasi nilai-nilai Islami yang telah menjadi tradisi di masyarakat.

Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur di Kabupaten Balangan
Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur di Kabupaten Balangan (HO/Humas Pemkab Balangan)

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk penghormatan dalam memuliakan bulan Ramadan.

"Selain sebagai ajang silaturahmi antar warga Balangan, festival tanglong dan bagarakan sahur juga mempunyai peranan penting dalam menjaga dan melestarikan budaya Banjar yang mana sekarang ini sudah mulai ditinggalkan, karena tergerus oleh budaya modern," ucapnya.

Ansharuddin juga berharap ke depanya kegiatan ini nis selalu diadakan setiap tahunnya, tentu saja dengan konsep yang lebih menarik, mengingat animo masyarakat yang semakin antusias. (*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved