Berita HST

Karang Taruna Muda Djaya Sukses Kelola Bank Sampah, Dinas LH HST Hadiahi Kendaraan Roda Tiga

Sebagai wujud apresiasi Pemerintah Kabuapaten Hulu Sungai Tengah kepada organisasi masyarakat yang ikut menjaga lingkungan, hadiah berupa kendaraan.

Karang Taruna Muda Djaya Sukses Kelola Bank Sampah, Dinas LH HST Hadiahi Kendaraan Roda Tiga
istimewa
Kadis Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten HST, Muhammad Yani 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Sebagai wujud apresiasi Pemerintah Kabuapaten Hulu Sungai Tengah kepada organisasi masyarakat yang ikut menjaga lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan memberikan hadiah berupa satu unit kendaraan roda tiga.

Hadiah ini diberikan bagi organisasi yang turut serta berkecimpung di bidang kelestarian lingkungan. Terlebih sukses dalam pengelolaan sampah melalui program bank sampah.

Organisasi masyarakat dan kepemudaan yang mendapat apresiasi dari pemerintah yakni Karang Taruna Muda Djaya Desa Samhurang Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Muhammad Yani, menjelaskan, bantuan yang diberikan ini untuk organisasi masyarakat tersebut berperan aktif mengelola sampah.

Dibeberkannya, bantuan diberikan kepada organisasi yang membuat proposal kepada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Baca: TNI dan Polri Gotong Royong Bikin Saluran Irigasi di Desa Babai untuk Memotivasi Masyarakat

Selanjutnya, dari proposal tersebut dilakukan monitoring dan evaluasi. "Ketika hasil evaluasi layak untuk diberikan bantuan, maka bantuan atau reward ini kami berikan," katanya.

Menurutnya, ini juga sebagai salah satu cara Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk memacu organisasi masyarakat baik karang taruna atau organisasi lainnya agar lebih berperan aktif dalam menjaga lingkungan terutama pengelolaan sampah.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA) Kabupaten Hulu Sungai Tengah,  M Yusuf, menjelaskan bahwa ini merupakan kolaborasi antara dinas dan instansi terkait di Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Dimana untuk ini dinasnya melalui Bidang Sosial yang bersinggungan langsung untuk menggenjot Karang Taruna agar lebih berperan aktif di segala bidang dan saat ini di bidang pengelolaan sampah.

Baca: Dinkes Kota Banjarmasin Masih Cari Spesialis Bedah untuk RSUD Sultan Suriansyah

Sekadar diketahui, bahwa Karang Taruna Muda Djaya yang diketuai M Thamrin sukses dalam pengelolaan Bank Sampah di Desa Samhurang Kecamatan Labuan Amas Utara. Bahkan bank sampah tersebut diberi nama Datu Awang, dengan motto Dulu Sampah Sekarang Berkah.

Metode yang digunakan karang taruna ini dalam pengelolaan sampah adalah menjemput bola, yaitu mendatangi lokasi-lokasi yang berpotensi banyak sampahnya, misalnya kawasan pasar, kawasan pondok pesantren dan lainnya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved