Kriminalitas Banjarbaru

Pencuri Spesial Roda Dua Diamankan Tim Buser Polres Banjarbaru saat Ingin Jual Hasil Curian

Pelaku spesialis pencuri sepeda motor di wilayah Kota Banjarbaru berhasil dibekuk oleh tim buser Polres Banjarbaru dan Polsek Banjarbaru Timur.

Pencuri Spesial Roda Dua Diamankan Tim Buser Polres Banjarbaru saat Ingin Jual Hasil Curian
Polsek Banjarbaru Timur
Dua pelaku spesialis pencuri sepeda motor yang diamankan tim buser Polres Banjarbaru dan Polsek Banjarbaru Timur. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pelaku spesialis pencuri sepeda motor di wilayah Kota Banjarbaru berhasil dibekuk oleh tim buser Polres Banjarbaru dan Polsek Banjarbaru Timur.

MD (35) warga Mataraman Kabupaten Banjar ini diamankan saat melakukan transaksi gelap beberapa waktu lalu di wilayah Pasar Papan Kabupaten Banjar.

Pencuri spesialis kendaraan roda dua di Banjarbaru ini dibekuk tim buser Polres Banjarbaru dan Polsek Banjarbaru Timur. Usai dirinya tak bisa mengelak ketika dipegoki aparat ingin menjual hasil curiannya.

Kepada petugas, MD diketahui telah sukses mencuri motor sebanyak lima unit. Semuanya dia lakukan di wilayah Banjarbaru dengan lokasi pencurian di Sungai Besar, Simpang Trikora, Guntung Manggis, Cempaka dan Sungai Ulin.

Baca: LIVE INDOSIAR - Cara Live Streaming PSS Sleman vs Semen Padang FC di Liga 1 2019 Pekan 2

Baca: Tim Gabungan Terus Cari Korban, Ternyat Adli Terjun ke Sungai Barito saat Sirine Berbuka Berbunyi

Baca: BREAKING NEWS - Menkominfo Fungsikan Kembali Fitur Foto dan Video di Media Sosial, Hari Ini

Penangkapan MD sendiri bermula ketika personel Polsek Banjarbaru Timur mendapati informasi bakal ada transaksi jual beli sepeda motor hasil curian. Tak menunggu lama, tim buser Polsek bersama dengan buser Polres melacak informasi tersebut.

Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya melalui Kasat Reskrim Polres Banjarbaru AKP Aryansyah membenarkan dengan penangkapan pelaku.

"Informasi awalnya bahwa transaksi di Martapura. Tapi di perjalanan berubah ke Pasar Papan. Tim kita langsung bergerak cepat dan berkoordinasi dengan Polres Banjar, di lokasi kita amankan MD beserta satu unit motor Skutik Honda Scoopy hasil curian yang akan dijualnya," katanya, Sabtu, (25/5).

Dari penggerebekan MD, ternyata pelaku ini sempat berdalih bahwa motor tersebut milik rekannya, HD (33) warga Mataraman. Selanjutnya, tim buser segera mencari HD di kediamannya.

"HD ini sempat ingin kabur ketika akan kita amankan. Dia mencoba melarikan diri ke sawah, tapi berhasil kita amankan," lanjut Aryansyah.

Saat diamankan, HD ternyata mengaku bahwa motor tersebut dibelinya dari MD seharga Rp 3.500.000. Rencananya HD ingin menjual lagi motor yang telah dibelinya itu melalui perantaran MD untuk menjualkan.

"Akhirnya MD mengakui bahwa motor tersebut memang hasil curiannya di Banjarbaru bersama seorang temannya yang masih dilakukan pengejaran," katanya.

Aksi pelaku menggunakan kunci T saat melakukan aksi pencurian. Saat ini baik MD dan HD telah diamankan di Polres Banjarbaru untuk diproses lebih lanjut.

Pelaku MD sendiri akan disangkakan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Dia terancam menghuni sel penjara selama 7 tahun untuk lama kurungan maksimal.

Sementara untuk HD sejauh ini diduga terlibat sebagai penadah yang mana akan disangkakan pasal 480 KUHP tentang tindak pidana dugaan penadahan dengan ancaman maksimal empat tahun penjara (banjarmasinpost.co.id/Ryn)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved