Lifestyle

Sang Pencinta Baca Kalau 'Kalap', Sampai Borong Buku

"Saya suka semua bahan bacaan. Jadi saya tidak pilih-pilih. Apalagi yang berhubungan dengan bahasa, buku berbahasa Inggris juga suka."

Sang Pencinta Baca Kalau 'Kalap', Sampai Borong Buku
istimewa
M Fitri Yandhi Pratama SPd, 2 banjarbaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID - "Saya suka semua bahan bacaan. Jadi saya tidak pilih-pilih. Apalagi yang berhubungan dengan bahasa, buku berbahasa Inggris juga suka."

Pernyataan di atas disampaikan M Fitri Yandhi Pratama SPd, sang pecinta buku yang gemar membaca sejak ia kelas satu madrasah ibtidaiyah (sekolah dasar).

"Kelas satu Ibtidaiyah, tahun 1996, saya sudah lancar membaca, tanpa lagi harus mengeja. Saya lahap semua buku di perpustakaan madrasah, terutama serial balita Mio dan majalah anak-anak Bobo," kenang pria kelahiran Banjarbaru, 1 Mei 1990 ini, saat wawancara sedang berada di Singapura.

Tahun 2000-an, sebelum zaman internet mudah diakses, ia sering ke perpustakaan sekolah, Bapustarda, bahkan pinjam dari teman-teman di sekolah.

"Hingga kuliah, alhamdulillah sudah mulai bisa koleksi satu buku atau novel di setiap akhir pekannya, ya karena sudah punya penghasilan sendiri sambil kuliah," ungkap lulusan cum laude S1 Pendidikan Bahasa Inggris dari IAIN Antasari Banjarmasin.

Baca: Rusakkan Kalung Berlian Pemberian Reino Barack, Ivan Gunawan Langsung Kabur Jauhi Syahrini

Baca: Mirip Kisah Luna Maya Syahrini & Reino Barack, Seleb Hollywood Ini Pede di Depan Istri Mantan Pacar

Baca: Daftar 51 Bukti yang Dibawa Kubu Prabowo - Sandiaga Uno Saat Daftar Sengketa Pilpres 2019 ke MK

Diakui The Candidate of Indonesian Student Cultural & Educational Foundation 2017 di Indonesia-Malaysia-Singapura, kalau lagi 'kalap', saat ada buku-buku yang disenangi dan ada rezekinya, pernah sampai 11 buku sekali belanja.

Koleksi dimilikinya didominasi buku pendidikan, ilmu kebahasaan (linguistik), traveling, sejarah Islam, sains, kesehatan, detektif, dan beberapa novel islami karya Kang Abik alias Habiburrahman El-Shirazy, Buya Hamka, Asma Nadia, Helvy Tiana Rosa, A. Fuadi, Salim A Fillah dan lainnya, termasuk komik Doraemon dan Conan.

"Novel pertama yang membuat saya tersentak dan memberi suntikan vitamin semangat yang luar biasa adalah novel Ayat-Ayat Cinta karya Kang Abik," ungkapnya.

Lewat pemeran utamanya Fahri, ia dapat belajar tentang kesabaran dan kesungguhan dalam menuntut ilmu, keutamaan berbakti kepada orangtua meski berada di negeri orang, dan memantaskan diri agar bisa mempersiapkan serta membina rumah tangga dengan adil.

"Novel Kang Abik banyak menginspirasi saya lewat tulisan-tulisan dan jalan hidup beliau," ungkap Yandhi.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved