Ramadhan 1440 H

Tingkatkan Ibadah 10 Malam Terakhir di Bulan Ramadhan, Ini Janji Allah SWT Bagi yang Mengerjakannya

Istimewanya 10 malam terakhir Ramadhan, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bahwa di hari-hari tersebut begitu banyak keutamaan

Tingkatkan Ibadah 10 Malam Terakhir di Bulan Ramadhan, Ini Janji Allah SWT Bagi yang Mengerjakannya
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Ustadz Muhammad Arsyad 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Istimewanya 10 malam terakhir Ramadhan, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bahwa di hari-hari tersebut begitu banyak keutamaan, kebaikan, serta pahala yang Allah SWT sediakan bagi hamba-hamba-Nya.

Ustadz Muhammad Arsyad, menjelaskan, satu malam di antara 10 malam terakhir ini, Allah telah mempersiapkan keistimewaan, yaitu malam Lailatul Qadar.

"Malam tersebut lebih baik dari 1.000 bulan dan menjadi malam para malaikat turun membawa rahmat dari Allah SWT," terang Arsyad.

Allah SWT menjelaskan tentang keistimewaan malam ini dalam Alquran Surah Al-Qadr, yang artinya, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan, dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.“

Baca: Ciri Malam Lailatul Qadar Menurut Quraish Shihab, Malam yang Dinanti Pada Ramadhan 1440 H/2019

Baca: Jelang Malam Selikur 21 Ramadhan 1440 H, Saat Rasulullah SAW Mulai Itikaf & Ciri Lailatul Qadar

Baca: Maknai Ramadan 1440 H, Begini Cara Naga Bumi Barakat Kabupaten Banjar Berbagi Bahagia

"Malam kemuliaan (lailatul qadr) itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 3)

Firman Allah SWT; “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran.” (Al-Baqarah: 185).

Hadist nabi tentang Lailatul Qadar, antara lain; "Rasulullah SAW sangat giat beribadah di bulan Ramadhan melebihi ibadahnya di bulan lain dan pada sepuluh malam terakhirnya beliau lebih giat lagi melebihi hari lainnya." (HR Muslim).

Lanjut Arsyad, pada 10 hari terakhir Ramadhan disunahkan memperbanyak ibadah secara umum, baik itu shalat, dzikir, berdoa, maupun membaca Alquran.

"Serta disunnahkan mengajak keluarga kita untuk beribadah bersama-sama menghidupkan malam istimewa tersebut," terang Arsyad.

Disunnahkan juga bagi kita untuk banyak berdoa. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW pernah ditanya oleh istri beliau, A’isyah, ”Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku mengetahui suatu malam adalah Lailatul Qadar. Apa yang mesti aku ucapkan saat itu?”

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved