Serambi Mekkah

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Pemkab Banjar Lakukan Upaya Ini

Memastikan seluruh warga di Bumi Barakat terdaftar dalam program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan).

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Pemkab Banjar Lakukan Upaya Ini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
SULUH - Ikhwansyah rutin blusukan ke perkampungan menyosialisasikan hidup sehat dan pelayanan kesehatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pelayanan kesehatan terus berupaya ditingkatkan oleh Pemerintahan Bupati Banjar H Khalilurrahman. Berbagai langkah pun dilakukan.

Di antaranya memastikan seluruh warga di Bumi Barakat terdaftar dalam program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan). Rapat bersama pihak terkait telah dilaksanakan dua hari lalu.

Rapat tersebut membahas evaluasi pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama dan rujukan. Pertemuan berlangsung di ruang kerja Sekretaris Daerah Banjar.

Sejumlah pejabat teras Pemkab Banjar mengikuti pertemuan itu. Hadir pula koordinator BPJS Kesehatan serta Ketua Komisi IV DPRD Banjar Gusti Abdurrahaman.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjar Ikhwansyah menuturkan pertemuan tersebut bertujuan membahas Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) agar masuk dalam program Penerima Bantuan Iuran (PBI) di luar dana pusat.

"Kita berharap semua warga terdaftar pada program jaminan kesehatan nasional yakni BPJS Kesehatan sesuai amanah undang-undang," ucap Ikhwansyah, Sabtu (25/05/2019).

Ia mengatakan hingga kini masyarakat Banjar yang terdaftar dalam program BPJS secara mandiri masih sangat sedikit. Terutama masyarakat yang berada di pelosok atau yang jauh dari kota.

"Data terkini sekitar 45 persen penduduk di Kabupaten Banjar yang telah terdaftar melalui program PBI," sebut Ikhwansyah.

Pejabat eselon II di Bumi Barakat ini mengatakan sebagian penduduk di wilayah pelosok tidak memahi bagaimana cara agar terdaftar pada program BPJS.

Kondisi itu diperparah belum adanya fasilitas tempat membayar iuran BPJS di wilayah pelosok. "Hal ini sudah kita sampaikan ke BPJS. Mestinya pihak BPJS jemput bola untuk menanggulangi permasalahan tersebut," tandas Ikhwansyah.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved