Berita HST

TNI dan Polri Gotong Royong Bikin Saluran Irigasi di Desa Babai untuk Memotivasi Masyarakat

Agar kebutuhan air terpenuhi bagi persawahan padi, TNI dan Polri di HST melakukan gotong royong membuat saluran irigasi untuk pengairan sawah.

TNI dan Polri Gotong Royong Bikin Saluran Irigasi di Desa Babai untuk Memotivasi Masyarakat
HO/Humas Kodim Barabai
Anggota Kodim 1002 Barabai dan jajaran Polres HST bergotong royong membuat saluran irigasi di desa Babai, Barabai, HST. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Agar kebutuhan air terpenuhi bagi persawahan padi, TNI dan Polri di Kabupaten Hulu Sungai Tengah melakukan gotong royong membuat saluran irigasi untuk pengairan sawah.

Pembuatan irigasi ini dilakukan di Desa Babai Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Babinsa Desa Babai, Sertu Abdul Hamid, mengatakan jika kebutuhan air mutlak bagi tanaman padi.

Menurutnya, dengan pengairan yang teratur tanaman padi akan tumbuh dengan subur dan tentunya hasilnya pun dapat meningkat.

Dibeberkannya, kegiatan gotong royong ini dilakukan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui bidang pertanian. Bahkan, gotong royong ini lakukan bersama Bhabinkamtibmas Desa Babai, Bripka Khairudin pada Sabtu (25/5/2019).

Hamid dan Khairudin bersama warga membuat saluran irigasi sepanjang 317 meter.

Baca: NEWSVIDEO : Sidak Ke Balittra Banjarbaru Menteri Pertanian Beri Peringatan Pertama Dan Terakhir

Abdul Hamid mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI khususnya Babinsa untuk mengatasi kesulitan warga binaan. Selain itu juga sebagai upaya mendukung program pembangunan pemerintah di wilayah.

"TNI selalu siap membantu masyarakat yang membutuhkan, karena tugas pokok TNI selain melakukan Operasi Militer, juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu turut serta membantu Pemerintah Daerah dalam pembangunan. Diantaranya mewujudkan kesejahteraan rakyat," katanya.

Dikatakannya, pembangunan saluran air ini sebagai langkah antisipasi agar musim penghujan nanti tidak terjadi banjir dan sebagai saluran irigasi ke persawahan. Sehingga air dapat mengalir lancar untuk menyuplai kebutuhan tanaman baik tanaman padi ataupun tanaman yang lain.

Sementara itu, Pembakal Desa Babai, Syahriadi, mengaku terbantu dengan kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

"Ini memotivasi masyarakat untuk sesegeranya menyelesaikan pembuatan saluran irigasi, dan dapat difungsikan dengan cepat," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved