Serambi Mekkah

Bupati Khalilurrahman Dorong Produksi Karet dan Panen Ikan Lokal di Kabupaten Banjar

Pemerintah Kabupaten Banjar mendorong agar produksi karet dan ikan lokal terus ditingkatkan serta dilestarikan.

Bupati Khalilurrahman Dorong Produksi Karet dan Panen Ikan Lokal di Kabupaten Banjar
Kominfo Kabupaten Banjar
Bupati Banjar, H Khalilurrahman saat Safari Ramadhan 1440 H dan buka puasa bersama di Masjid Jami Al Munawarrah di Desa Sungai Besar Kecamatan Karang Intan, Jumat (24/5) lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten Banjar mendorong agar produksi karet dan ikan lokal terus ditingkatkan serta dilestarikan.

Diungkapkan Bupati Banjar, H Khalilurrahman saat Safari Ramadhan 1440 H dan buka puasa bersama di Masjid Jami Al Munawarrah di Desa Sungai Besar Kecamatan Karang Intan, Jumat (24/5) lalu.

Selanjutnya Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dihari yang ke-19 di Bulan Ramadan kepada seluruh umat Islam, khususnya warga masyarakat Desa Sungai Besar Kecamatan Karang Intan. Menjadi harapanya, semoga selalu diberikan kesehatan, untuk terus meningkatkan kualitas ibadah serta untuk mempersiapkan diri menuju 10 hari terakhir Ramadan.

Diungkapkannya, Kecamatan Karang Intan adalah salah satu penyumbang terbesar tanaman karet di Kabupaten Banjar. Dalam upaya menjaga kelangsungan dan meningkatkan produksi dan produktivitas karet di Karang Intan tahun ini akan dilaksanakan Peremajaan Karet seluas 293 Ha, di Desa Sungai Besar, Balau, Kiram, Biih, Abirau, Mandikapau Timur, Karang Intan dan Sungai Landas.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman saat Safari Ramadhan 1440 H dan buka puasa bersama di Masjid Jami Al Munawarrah di Desa Sungai Besar Kecamatan Karang Intan, Jumat (24/5) lalu.
Bupati Banjar, H Khalilurrahman saat Safari Ramadhan 1440 H dan buka puasa bersama di Masjid Jami Al Munawarrah di Desa Sungai Besar Kecamatan Karang Intan, Jumat (24/5) lalu. (Kominfo Kabupaten Banjar)

"Kemudian akan dilaksanakan pula, pembangunan jalan produksi perkebunan melalui dana DAK, sepanjang 800 meter dengan lebar tiga meter di Desa Pulau Nyiur dan Desa Padang Panjang-embung di Desa Pulau Nyiur," kata pria yang akrab disapa Guru Khalil itu.

Pembangunan dalam sektor perkebunan akan dapat mempermudah akses para pekebun dalam mengangkut hasil produksi, dan dirinya minta agar jalan yang akan dibangun ini dirawat dengan baik. Tanaman karet agar benar-benar dipelihara sesuai aturan teknis yang diberikan oleh para petugas dan penyuluh.

"Sektor perikanan, Kecamatan Karang Intan juga telah memproduksi 8.996 ton yang terdiri dari Ikan Nila, Ikan Patin, Ikan Lele, Bawal, dan Ikan Mas, dan alhamdulillah produksi perikanan dapat menyumbang pada PDRB Kabupaten Banjar sebesar Rp. 205 miliar," jelas ungkap Guru Khalil.

Menjadi perhatian bersama adalah perlunya pelestarian sumber daya ikan, khususnya ikan-ikan lokal yang berasal dari Kabupaten Banjar agar tidak punah, oleh sebab itu dalam upaya memberi perlindungan terhadap sumber daya ikan, Pemerintah Kabupaten Banjar menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 07 Tahun 2005 tentang Pengawasan dan Perlindungan Sumber Daya Ikan.

Kepada setiap orang atau badan hukum yang melakukan kegiatan penangkapan diwajibkan tidak melakukan penangkapan dengan menggunakan bahan atau alat yang membahayakan, tidak melakukan perbuatan yang mengakibatkan pencemaran dan kerusakan sumber daya ikan dan lingkungannya.

"Apabila melakukan pelanggaran tersebut, maka diancam pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp 25 juta," tegas Guru Khalil.

Selanjutnya Bupati Banjar menjelaskan pada tahun 2019 ini, ada beberapa program kegiatan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Karang Intan antara lain yaitu pembangunan ruang guru SDN Pulau Nyiur 2, pembangunan perpustakaan SDN Sungai Asam, rehabilitasi rumah dinas guru SDN Jingah Habang Ulu, rehabilitasi SDN Sungai Alang 2, pengadaan set komputer SIKDA Puskesmas, pembangunan Pustu Kiram.

"Selain itu pengadaan roda dua untuk puskesmas keliling, pemeliharaan berkala ruas jalan Biih-Balau, pemeliharaan berkala ruas jalan Mali-Mali Pingaran, pemeliharaan berkala ruas Jalan Lok Tangga-Biih, rekonstruksi jembatan Pasar Lama, perbaikan Jalan Desa Sungai Asam Abirau, perbaikan Jalan Desa Pulau Nyiur ke Dusun Batu Tiris, perbaikan Jalan Desa Awang Bangkal Timur, perbaikan Jalan Desa Lok Tangga Pandak Daun," jelas Bupati Banjar.

Terakhir, Khalilurrahman mengatakan melihat dengan situasi dan kondisi terkini saat ini, dirinya menghimbau kepada warga masyarakat agar berhati-hati terhadap berbagai informasi yang belum tentu kebenarannya, karena bisa jadi berita tersebut merupakan hoax atau fitnah.

Dirinya pun meminta agar tetap menjaga kondusifitas dan tetap menjaga kebersamaan. Bersama-sama menjaga kekhusyuan dalam menjalankan ibadah selama Bulan Ramadan berlangsung. (AOL)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved