Berita Banjarmasin

NEWS VIDEO : Onthel, Satu Sepeda Sejuta Saudara

Seiring berjalan waktu, booming sepeda onthel meredup. Namun, penghobi sepeda ontel tentu masih ada dan tetap setiap dengan hobinya.

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - SEPEDA Onthel. Demikian orang banyak menyebutnya. Ada pula yang menyebut sebagai sepeda antik. Ya, antik karena sepeda ini berusia puluhan tahun, bahkan sudah ada sebelum Indonesia merdeka.

Di Banua, boming sepeda onthel ini terjadi sekitar tujuh tahun lewat. Bantuknya yang khas menjadikan sepeda ini banyak dicari para kolektor ataupun penghobi sepeda. Alhasil, saat booming onthel terjadi di banua, sepeda ontel di sudutu-sudut dan pelosok banua pun jadi incaran. Harga jualnya pun melambung. Mulai dari ratusan ribu rupiah, bingga sampai puluhan juta rupiah.

Merek sepeda yang banyak dicari antara lain seperti Gazelle, Raleigh, Philips dan lai sebagainya. Tak hanya sepeda, aksesoris sepeda seperti sadel, lampu, lonceng, penutup roda, penutup rantai yang masih orisinil pun ramai diburu sebegai pelengkap orisinilitas sepeda yang dikoleksi.

Seiring berjalan waktu, booming sepeda onthel meredup. Namun, penghobi sepeda ontel tentu masih ada dan tetap setiap dengan hobinya.

Baca: Hidung Krisdayanti Disorot Setelah Pamer Foto Jadul, Lihat Pula Potret Remaja Ibu Aurel Hermansyah

Di Banjarmasin, HM Zalfi HB, merupakan seorang penghobi sepeda yang banyak memiliki sepeda onthel. Tak kurang 21 unit sepeda antik berbagai macam merek dimilikinya.

Puluhan sepeda onthel kuno berjejer di halaman di sebuah rumah di kawasan Jalan Kuin Selatan Nomor 15 RT 4 Banjarmasin.

Meski demikian, ia tidak mau disebut sebagai kolektor. Dia cuma hobby atau penggemar sepeda antik.

“Kalau kolektor biasanya kalau pas memakai sepeda dan ketemu jalan rusak ia akan berhenti. Sedangkan penghobi sepeda akan jalan terus, meski jalan rusak, becek ataupun hujan sekalipun, ujar Zalfi.

Di halaman depan rumahnya, berderet sepeda antik bermacam merek. Semua sepeda itu dibelinya dari berbagai tempat dengan waktu yang berbeda-berbeda. Ia mulai tertarik memiliki sepeda antik sejak 2012 lalu.

Yang menarik, ada tiga unit onthel lainnya berjejer di tempat terpisah. Ketiga sepeda kuno itu tergolong istimewa dan selalu mendapat ekstra perwatan setiap hari. Sepeda klasik itu dilengkapi wadah air minum material besi.

Baca: Anis Matta Akui Terkejut Garbi Disambut Antusias Masyarakat Kalsel, Yakin Bakal Tumbuh Besar

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved