Berita Banjarmasin

Produksi Plywood dan Daun Gelinggang dari Kota Banjarmasin Dapatkan Setifikat Ekspor ke Luar Negeri

Lebih dari 100 kubik plywood dari PT Basirih Industrial, Kota Banjarmasin dilepas untuk ekspor ke Amerika.

Produksi Plywood dan Daun Gelinggang dari Kota Banjarmasin Dapatkan Setifikat Ekspor ke Luar Negeri
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil dan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina melihat daun gelinggang yang menjadi satu produk ekspor ke luar negeri 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Lebih dari 100 kubik plywood dari PT Basirih Industrial, Kota Banjarmasin dilepas untuk ekspor ke Amerika.

Pelepasan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementrian Pertanian RI, Ali Jamil, Minggu (26/5/2019).

Selain pelepasan, Badan Karantina Pertanian Kementrian Pertanian RI juga memberikan sertifikat ekspor ke luar negeri untuk lima komuditi produk di Banjarmasin dengan perusahaan yang juga berbeda.

“Parameter kami adalah selama negara tujuan ekspor mempersyaratkan adanya Phytosanitary Certifikat (PC) pada dokumen ekspor, maka apapun komoditasnya akan kami bantu fasilitasi pemeriksaan hingga penerbitan PCnya, ” ujar Ali Jamil saat melepas kayu lapis dan komoditas pertanian lainnya senilai Rp 108,4 miliar.

Ali Jamil menerangkan, pemberian sertifikat itu untuk menjawab atau menindaklanjuti instruksi Presiden kepada Menteri Pertanian dan UUD. Bahwa Badan Karantina Pertanian harus mendukung akselerasi ekspor.

Baca: Badan Karantina Petanian Kemntan RI Lepas 100 Kubik Plywood Banjarmasin Tujuan Amerika

Baca: Menteri Pertanian Tinjau Program Serasi di Barambai Batola, Andi Amran: Target Kalsel 150.000 Ha

Baca: Gubernur Kalteng Sugianto Tak Melarang ASN Mudik Pakai Modin, KPK: Jangan Pakai Fasilitas Dinas

Sehingga melalui Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin, pihaknya melaksanakan program agro gemilang dan akselerasi ekspor produk pertanian.

Ali Jamil memuji beberapa komoditi yang diekspor, yakni plywood dan daun gelinggang.

Ekspor plywood ke Amerika ujar Ali Jamil membuat nilai ekonomi dari produk tersebut cukup besar. Terlebih perusahaan PT Basirih Industrial yang memproduksi plywood sudah cukup lama berjalan.

“Artinya kami tinggal pembinaan saja. Meski mungkin katanya perlu memikirkan bahan baku. Namun untuk produksi luar negeri paling tidak memang harus menjaga kuantitas, kualitas dan kontinuitas,” ucap Ali Jamal.

Ia pun berharap produk plywood di Indonesia, khususnya di Banjarmasin, bisa jadi terdepan. Selain itu mengenai daun gelinggang, Ali Jamil juga cukup kagum akan produksi tersebut. Ujarnya daun gelinggang cukup baru dipasarkan. Namun sudah mulai ekspor ke Jepang. Ia pun berharap agar produk itu bisa benar-benar dieksplorasi.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved