Berita Tanahlaut

Tunjangan Petugas Bencana di Tanahlaut Bakal Ditambah, Begini Komentar Petugas Lapangan

Setiap pos BPBD di kecamatan kini hanya berisi lima hingga 6 orang. Sementara petugas yang paling cepat turun ke lapangan adalah petugas di kecamatan.

Tunjangan Petugas Bencana di  Tanahlaut Bakal Ditambah, Begini Komentar Petugas Lapangan
banjarmasinpost.co.id/milna
Posko BPBD kecamatan Bati-Bati yang menjadi satu dari lima posko di kecamatan di Tanahlaut, Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARi - Masih kurangnya personel penanganan bencana di Tanahlaut dibenarkan Kalak BPBD Kabupaten Tanahlaut Muhammad Kusri.  Memang, pihaknya masih kekurangan personel untuk penanganan bencana namun pihaknya akan memaksimalkan tenaga yang ada.

"Memang masih kurang, jadi mau kita usulkan penambahan tenaga di perubahan nanti jadi ada rekrutmen lagi tenaga di lapangan," ujarnya, Minggu (26/5/2019).

Khususnya petugas di kecamatan masih kurang. Setiap pos BPBD di kecamatan kini hanya berisi lima hingga enam orang. Sementara petugas yang paling cepat turun ke lapangan adalah petugas yang berada di pos kecamatan.

Tak hanya sebagai petugas lapangan menangani bencana di lapangan, petugas di kecamatan juga bertugas untuk Posko Pengendali Operasi atau pengumpul data untuk BPBD.

"Gajinya juga masih minim sekali sementara tugasnya rangkap jadi tahun depan mau kita tambah lagi," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Entaskan Kemiskinan dan Atasi Rentenir, Pemkab HSS Minta Masukan Ulama dan Habaib

Rencananya tambah Kusri pihaknya akan mengusulkan tambahan anggaran tugas petugas penanganan bencana sebesar Rp 150 ribu per tugas.

Sementara terkait anggaran untuk pencegahan bencana Karhutla Kusri mengatakan juga tak ada penambahan anggaran tahun ini. Pihaknya hanya mengandalkan uang perjalanan dinas dan bantuan dana dari pusat.

"Makanya tahun depan atau di perubahan ini kita mau dianggarkan lebih besar sehingga kita tak bergantung pada pusat," jelasnya.

Sementara bakal adanya tambahan penghasilan bagi petugas lapangan sudah diketahui oleh petugas. Salah satu anggota posko BPBD Kecamatan Bati-Bati Jon mengaku memang sudah mengetahui bakal adanya tambahan insentif.

"Iya katanya tahun depan, tahun ini tidak ada, semoga saja benar dan terlaksana," ujarnya.

Baca: 10 Perawat Terlibat Khitanan Massal Bakti Sosial Ramadan 2019 Bersama Perusahaan Tambang

Terlebih petugas di posko kecamatan terangnya memiliki tugas wilayah yang besar. Posko BPBD Kecamatan Bati-Bati misalnya uajr Jon juga tetap menjaga kawasan Kecamatan Tambang Ulang.

"Biasa kalau ada kebakaran di Tambang Ulang kita juga tetap turun," sebutnya.
(Banjarmasinpost.co.id/Milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved