Idul Fitri 1440 H

Jelang Mudik 2019, Dinkes Banjar Siagakan Tiga Posko dan Dua Puskesmas Siap Layani Pemudik

Alangkah baiknya beristirahat sejenak di posko kesehatan, menyediakan tiga posko pelayanan bagi pemudik.

Jelang Mudik 2019, Dinkes Banjar Siagakan Tiga Posko dan Dua Puskesmas Siap Layani Pemudik
net
ilustrasi-posko lebaran

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Bagi pemudik, utamanya yang menggunakan kendaraan roda dua jangan memaksakan diri meneruskan perjalanan jika kondisi kesehatan kurang memungkinkan.

Alangkah baiknya beristirahat sejenak di posko kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar bersama Polres Banjar dan Dinas Perhubungan LLAJ Banjar menyediakan tiga posko melayani bagi pemudik.

Posko berlokasi di Jalan A Yani Gambut, Jalan A Yani Martapura depan taman CBS, dan di Jalan A Yani Astambul depan pintu gerbang masuk ke Kelampayan. Posko tersebut tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, petugas kesehatan berjaga 1x24 jam, terutama sejak tujuh hari sebelum Idul Fitri dan tujuh hari setelahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah mengatakan, melayani masyarakat khusunya pemudik maka pihaknya mendirikan posko sama seperti tahun sebelumnya. Terlebih Jalan A Yani Kabupaten Banjar merupakan penghubung antar kabupaten bahkan antar provinsi, tentulah keberadaan posko sangat penting.

Baca: Muncul Setelah Tarawih, Ternyata Ini Sosok Pocong Jadi-jadian yang Bikin Takut Warga

Baca: Via Vallen dan Luna Maya Terancam Penjara 8 Tahun dan Denda Rp 8 Miliar Gara-gara Film Aladdin

Baca: Naymar dan Kylian Mbape Dikabarkan Hengkang, Manager PSG Tak Jamin Keduanya Bertahan

"Pengendara kendaraan roda dua alangkah baiknya jangan memaksakan diri, periksakan kesehatan di posko yang kami sediakan," katanya, Senin (27/5).

Posko kesehatan tersebut lanjut Ikhwansyah melayani pemeriksaan kesehatan, seperti tensi darah, dan pihaknya menyediakan berbagai obat-obatan pertolongan pertama. Tenaga kesehatan yang berjaga di setiap posko minimal dua orang satu shift dan dilengkapi satu posko satu mobil ambulans.

Mendirikan posko di tiga lokasi tersebut karena dinilai merupakan titik rawan dan lokasi yang strategis bagi persinggahan pemudik. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, setiap hari pemudik atau pengguna jalan yang singgah di posko H minus tujuh hingga H plus tujuh, mencapai 50 orang.

"Terutama posko kami di Astambul, banyak yang bepergian ke arah hulu sungai dan tidak sedikit pula memeriksakan kondisi kesehatannya di posko tersebut," imbuh Ikhwansyah.

Sedangkan untuk Puskesmas, selama cuti bersama yang melayani 1x24 jam hanya dua puskesmas yakni Puskesmas Gambut dan Puskesmas Simpangempat dua. Sedangkan puskesmas-puskesmas lainnya selama cuti bersama libur, masyarakat yang sakit diarahkan langsung berobat ke IGD RSUD Ratu Zalecha Martapura.

"Dua puskesmas itu berada dipinggir Jalan A Yani, maka tetap standbye 1x24 jam, IGD puskesmas ada tenaga kesehatan, dan tenaga dokter yang sewaktu-waktu ketika dihubungi bisa langsung datang. Karena tenaga kesehatan mayoritas muslim, maka bagi non muslim nanti siap membackup saat lebaran," jelasnya.

Baca: Raffi Ahmad Beri Hadiah Mobil Mewah untuk Rafathar karena Naik Kelas, Nagita Slavina Pun Bereaksi

Baca: Hari Ini dan Besok Matahari di Atas Kabah, Begini Cara Mengecek Arah Kiblat

Selain itu, jika mengalami kejadian darurat kini bisa menghubungi layanan 08126112119. Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar membuka markas layanan darurat yang standbye 1x24 jam adalah Public Safety Center (PSC) 119 Intan Banjar yang bermarkas di Jalan A Yani Km 40 Martapura Kabupaten Banjar kantor Dinkes Banjar, diketuai oleh Gusti Sofyan.

Ikhwansyah pun menghimbau kepada tenaga kesehatan dan tenaga medis, agar bekerja dengan tulus ikhlas. Berikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal, terlebih lagi kesiapsiagaan ini hanya jelang lebaran Idul Fitri dan pasca lebaran. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis:
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved