Lebaran 2019

Lebaran Idul Fitri 1440 H, Puskesmas Bakal Siagakan Petugas untuk Pelayanan Kesehatan di Banjarmasin

Masa cuti bersama untuk libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H / 2019M sudah hampir tiba. Khususnya para Aparatur Negeri Sipil (ASN) mendapatkan jatah

Lebaran Idul Fitri 1440 H, Puskesmas Bakal Siagakan Petugas untuk Pelayanan Kesehatan di Banjarmasin
Banjarmasinpost.co.id/isti Rohayanti
Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Masa cuti bersama untuk libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H / 2019M sudah hampir tiba. Khususnya para Aparatur Negeri Sipil (ASN) mendapatkan jatah libur tersebut.

Namun lain halnya untuk petugas dari Dinas Kesehatan, khsususnya ASN yang bekerja di Puskemas. Demi berjalannya pelayanan kesehatan di masyarakat, Puskesmas di Banjarmasin tetap buka pada hari cuti bersama.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menerangkan, untuk pelayanan kesehatan di masyarakat masih tetap berjalan. Hal itu juga sudah menjadi kebiasaan pegawai Puskesmas setiap tahunnya.

“Ini sudah menjadi agenda rutin. Jadi untuk antisipasi pelayanan kesehatan di masyarakat, kami tetap buka terkecuali pada hari Idul Fitri selama dua hari,” ucap Machli.

Namun sebutnya, pelayanan kesehatan di Puskesmas masih tetap berlangsung di hari lebaran tersebut. Akan tetapi tidak secara menyeluruh. Melainkan akan ada petugas yang piket, baik perawat maupun dokter untuk penanganan.

Baca: Link Live Streaming Indosiar Arema FC vs Persela Lamongan di Liga 1 2019 Pekan 2, Cek Cara Nontonnya

Baca: 3 Siswa SMPN 1 Banjarmasin, Raih Peringkat UNBK 2019 Terbaik, Kepsek: Ikut Program Cerdas Istimewa

Baca: Contoh Ucapan Selamat Lebaran 2019 untuk Idul Fitri 1440 H

Pihak Puskesmas pun sebut Machli sudah menyusun jadwal pegawai yang bertugas. Minimal pada hari pertama dan kedua, tenaga medis akan bergantian menjaga di Puskesmas. Karena sebutnya kesehatan di masyarakat tak bisa diprediksi.

Telebih diterangkan oleh Machli, telah ada instruksi dari Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina melalui surat edaran yang diserahkan ke lembaga kesehatan tersebut. Sebutnya isi surat edaran tersebut, yakni imbauan agar pelayan kesehatan tidak ikut cuti bersama. Sehingga tetap berjaga secara bergantian.

“Dalam satu hari bisa berjaga tiga sampai empat orang pada masing-masing Puskesmas tergantung padat tidaknya penduduk di Puskesmas tersebut,” ucap Machli.

Selain pelayanan di Puskesmas, pihaknya juga akan melakukan pemantauan di lapangan untuk penanganan medis. Namun untuk posko kesehatan secara khusus sebutnya, Dinas Kesehatan tahun ini tidak membuka posko tersebut. Akan tetapi pengecekan ke sejumlah lokasi akan dilakukan setiap harinya semasa libur.

“Khusus Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kami tidak membuka posko kesehatan secara khusus. Tapi melakukan pemantauan ke lapangan dan sudah menjadi tugas kami melihat atau mengecek sejumlah lokasi untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara baik,” jelas mantan Dirut RSJ Sambang Lihum itu.

Tentunya sebut Machli, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas tetap mengutamakan pelayanan kesehatan pada pasien. Sehingga meski ASN libur, tenaga medis tetap siaga untuk penanganan tersebut.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved